Skip to main content

Langkah Pembelajaran Siswa Sesuai KPS

Keterampilan Proses Sains (KPS) adalah keterampilan yang digunakan untuk memperoleh, mengembangkan dan menerapkan konsep-konsep, prinsip-prinsip, hukum, dan teori sains. KPS merupakan bentuk adaptasi dari keterampilan ilmuwan yang digunakan untuk memperoleh pengetahuan, pemecahan masalah, dan menyimpulkan. KPS memfasilitasi siswa belajar sains menggunakan metode dan teknik penelitian, meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa, serta membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna. Uraikanlah langkah pembelajaran siswa sesuai KPS yang akan dilakukan siswa berikan penjelasan akan pentingnya menguasai KPS? 

Uraian langkah pembelajaran siswa sesuai KPS

Langkah pembelajaran siswa sesuai KPS yang akan dilakukan siswa adalah sebagai berikut:

  1. Mengamati fenomena atau masalah yang ada di sekitar dengan menggunakan indra atau alat bantu pengamatan.
  2. Mengklasifikasikan data atau informasi yang diperoleh dari pengamatan berdasarkan kriteria tertentu.
  3. Mengukur besaran-besaran yang berkaitan dengan fenomena atau masalah dengan menggunakan alat ukur yang sesuai.
  4. Mengkomunikasikan hasil pengamatan, pengukuran, atau klasifikasi dengan menggunakan bahasa, simbol, grafik, tabel, diagram, atau media lainnya. 
  5. Membuat kesimpulan sementara atau inferensi berdasarkan data atau informasi yang ada. 
  6. Memprediksi hasil atau dampak dari fenomena atau masalah dengan menggunakan logika atau pengetahuan yang dimiliki.
  7. Mengajukan pertanyaan atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena atau masalah yang ingin dipecahkan.
  8. Merencanakan percobaan atau penelitian untuk menguji hipotesis dengan menentukan variabel-variabel yang terlibat dan cara mengontrolnya. 
  9. Melakukan percobaan atau penelitian sesuai rencana dengan menggunakan alat dan bahan yang tersedia serta mengikuti prosedur yang benar dan aman. 
  10. Menginterpretasikan data atau informasi yang diperoleh dari percobaan atau penelitian dengan menggunakan analisis statistik, grafik, tabel, diagram, atau media lainnya.
  11. Membuat kesimpulan akhir atau generalisasi berdasarkan hasil interpretasi data atau informasi yang mendukung atau menolak hipotesis.
  12. Menerapkan konsep-konsep, prinsip-prinsip, hukum, dan teori sains yang relevan dengan fenomena atau masalah yang dipelajari dalam konteks nyata.
Begitulah langkah pembelajaran siswa sesuai KPS yang akan dilakukan siswa, semoga bisa membatu 😀

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved