Skip to main content

Langkah Prosedur Pelaksanaan Splicing Set Up

Splicing set up adalah prosedur awal dalam melakukan penyambungan serat optik dengan menggunakan metode splicing. Serat optik adalah sebuah kabel yang terbuat dari bahan kaca atau plastik dan digunakan untuk menghantar cahaya sebagai media transmisi informasi. Serat optik terdiri dari inti serat optik yang terbuat dari bahan kaca atau plastik yang sangat halus dan mampu memantulkan cahaya, serta cladding layer atau lapisan pembungkus yang membungkus inti serat optik dan memastikan cahaya tetap berada dalam inti serat optik. Serat optik digunakan untuk mentransmisikan sinyal dalam bentuk cahaya, yang dapat mentransmisikan data dengan kecepatan yang sangat tinggi, dan memiliki banyak keunggulan seperti keamanan yang lebih tinggi, kecepatan mentransfer data yang lebih cepat, dan ketahanan terhadap gangguan elektromagnetik. Serat optik digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk jaringan telekomunikasi, internet, televisi kabel, dan pengiriman data jarak jauh. Jelaskan prosedur pelaksanaan splicing set up? Bagaimana langkah persiapan melakukan splicing? 

Prosedur pelaksanaan splicing set up

Berikut adalah penjelasan dari langkah persiapan melakukan splicing:

1. Membersihkan daerah sekitar penyambungan

Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa area sekitar tempat splicing bersih dari debu, kotoran, atau benda asing lainnya. Hal ini penting dilakukan agar tidak ada partikel yang mengganggu atau merusak hasil penyambungan.

2. Membersihkan kupas buffer tube dengan jelly cleaner

Buffer tube adalah pelindung serat optik yang berbentuk tabung. Kupas buffer tube dilakukan untuk mengungkapkan serat optik yang terdapat di dalamnya. Setelah buffer tube dikupas, serat optik perlu dibersihkan dengan menggunakan jelly cleaner. Jelly cleaner adalah bahan pembersih yang khusus digunakan untuk membersihkan serat optik. Tujuan dari membersihkan serat optik dengan jelly cleaner adalah untuk memastikan bahwa serat optik dalam kondisi bersih dan siap disambung.

3. Tempatkan Fibrlok splice pada splice holding

Fibrlok splice adalah salah satu jenis penyambungan serat optik yang sederhana dan mudah dilakukan. Fibrlok splice dapat dipasang pada splice holder, yaitu alat yang digunakan untuk memegang serat optik saat dilakukan penyambungan.

4. Posisikan lengan penjepit

Setelah Fibrlok splice ditempatkan pada splice holder, lengan penjepit perlu diposisikan pada posisi yang tepat untuk memegang serat optik. Posisi lengan penjepit harus disesuaikan dengan jenis serat optik yang akan disambung agar hasil splicing bisa maksimal.

Demikianlah penjelasan mengenai langkah-langkah dalam melakukan splicing set up untuk penyambungan serat optik. Penting untuk mengikuti prosedur ini dengan hati-hati dan teliti agar hasil splicing bisa maksimal dan tidak terjadi kerusakan pada serat optik yang disambung.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved