Skip to main content

Bagaimana cara kerja softswitch dan MGC

Softswitch dan MGC (Media Gateway Controller) adalah dua komponen kunci dalam jaringan telekomunikasi berbasis IP. Mereka bekerja bersama untuk mengatur pengalihan panggilan dan mengelola aliran panggilan suara dan data melalui jaringan VoIP. Bagaimana cara kerja softswitch dan mgc?

Cara kerja softswitch dan MGC

Berikut adalah cara kerja softswitch dan MGC secara lebih rinci:

1. Softswitch:

  • Softswitch berfungsi sebagai pengendali utama dalam jaringan telekomunikasi. 
  • Ketika ada panggilan masuk, softswitch menerima sinyal digital yang dikirimkan melalui jaringan IP dari MGC atau perangkat jaringan lainnya.
  • Softswitch menggunakan informasi panggilan, seperti nomor tujuan dan aturan routing yang telah ditentukan, untuk menentukan jalur yang tepat untuk panggilan tersebut.
  • Softswitch melakukan pengalihan panggilan dengan mengirimkan sinyal digital ke alamat tujuan yang sesuai dalam jaringan IP.
  • Softswitch juga bertanggung jawab untuk mengelola panggilan dalam jaringan. Ini meliputi fungsi seperti pemanggilan keluar, panggilan masuk, pengalihan panggilan, panggilan konferensi, dan layanan lainnya.

2. MGC (Media Gateway Controller):

  • MGC berfungsi sebagai penghubung antara jaringan telepon tradisional (PSTN) dan jaringan IP.
  • Ketika ada panggilan masuk dari jaringan PSTN, MGC menerima sinyal analog dari sumber tersebut.
  • MGC mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang dapat ditransmisikan melalui jaringan IP.
  • Selain itu, MGC juga mengonversi format sinyal suara dan data dari format yang kompatibel dengan jaringan PSTN menjadi format yang sesuai dengan jaringan IP.
  • MGC mengirimkan sinyal digital yang telah dikonversi melalui jaringan IP menuju softswitch.
  • Ketika ada panggilan keluar dari jaringan IP menuju jaringan PSTN, MGC melakukan kebalikan dari proses sebelumnya dengan mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog yang dapat dipahami oleh jaringan PSTN.

Dengan cara kerja ini, softswitch dan MGC memungkinkan pengelolaan panggilan suara dan data yang efisien antara jaringan IP dan jaringan PSTN. Softswitch mengatur pengalihan panggilan dalam jaringan IP, sementara MGC berperan dalam menghubungkan jaringan IP dengan jaringan PSTN dan mengonversi sinyal suara dan data agar dapat ditransmisikan di antara keduanya.

Penting untuk dicatat bahwa teknologi dan protokol yang digunakan oleh softswitch dan MGC dapat bervariasi tergantung pada arsitektur dan standar yang diterapkan dalam jaringan telekomunikasi yang spesifik.

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved