Langsung ke konten utama

Contoh Cemilan Sehat dengan Harga Murah untuk Anak dan Suami

Baca Juga

Contoh cemilan sehat dengan harga murah untuk anak dan suami dirumah yang suka nyemil. Bukan hal yang aneh lagi bagi anak-anak yang sebagian besar suka jajan diluar, di sekolahnya maupun suami Anda dikantor. Tapi taukah kita akan cemilan yang kita beli itu sehat atau tidak? Sebagai Ibu yang baik sebaiknya mulai sekarang Anda harus lebih berhati-hati dengan cemilan yang dijual diluar sana, bukan tidak ada yang sehat namun akan lebih aman jika kita bisa membuatnya sendiri dirumah dengan resep dan kebersihan yang tepat akan memberikan dampakkesehatan yang baikuntuk anak dan suami Anda.

Contoh Cemilan Sehat dengan Harga Murah Meriah untuk Anak dan Suami

Pertanyaan ini seringkali diajukan oleh mereka yang ingin sehat dan mempunyai berat badan ideal, atau mereka yang sedang berusaha mengurangi berat badannya. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa mengemil dapat menyebabkan kegemukan. Jadi apakah cemilan itu menyehatkan? Benarkah mengemil dapat menyebabkan kegemukan? 

Apa itu cemilan?

Sebelum kita mendapatkan jawabannya, ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan cemilan atau bahasa Inggris disebut snack. Cemilan adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi di antara waktu makan utama (makan pagi, makan siang dan makan malam). Jumlah kalori cemilan ini biasanya tidak sebesar dengan makanan utama (misalnya nasi dengan lauk pauk dan sayuran). Namun, hati-hati karena ada cemilan yang jumlah kalorinya besar. Sehingga jika tidak cermat, maka cemilan seyogyanya bisa menjadi pengganti makanan utama karena jumlah kalorinya yang besar. Cemilan yang kalorinya besar ini yang cenderung menjadi penyebab kegemukan.

Cemilan sehat yang baik untuk di konsumsi

Mengemil dapat membantu anda menjaga kadar gula darah anda tetap stabil sepanjang hari bila dilakukan dengan cara yang benar. Mengemil setiap dua setengah hingga tiga jam sekali dapat menjaga kestabilan kadar gula darah anda di sepanjang hari.

Pilihlah cemilan yang mengandung banyak serat dan nutrisi penting seperti gandum, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran yang mengandung serat dan nutrisi. Selain itu, susu rendah lemak dan daging tanpa lemak juga mengandung berbagai nutrisi penting. Dengan demikian cemilan anda tidak hanya menambahkan jumlah kalori.

Pilihlah cemilan rendah karbohidrat seperti sayuran, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan sehingga tidak meningkatkan dan menurunkan kadar gula darah anda dalam waktu singkat dan memicu timbulnya rasa lapar berat saat kadar gula darah kembali turun.

Pilihlah cemilan yang mengandung sedikit protein, lemak tidak jenuh, dan asam lemak omega 3. Cemilan ini dapat membuat anda merasa kenyang dan puas lebih lama serta lebih lama dicerna. Beberapa jenis cemilan yang mengandung ketiga hal di atas adalah kacang-kacangan, kecambah, kedelai, dan alpukat.
  • Mengandung Serat. Makanan kaya serat merupakan cemilan yang baik karena lebih lama dicerna di dalam lambung, mengandung gula lebih rendah, dan membuat anda merasa kenyang lebih lama. 
  • Rendah Karbohidrat. Pilihlah cemilan rendah karbohidrat sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah anda dalam waktu singkat yang dapat membuat anda merasa lapar kembali saat kadar gula darah anda kembali turun.
  • Kacang-kacangan. 100 gram kacang merupakan cemilan sehat,. 
  • Pilihlah Yogurt. Satu bungkus yogurt rendah lemak dan gula merupakan cemilan sehat saat bekerja atau saat berpergian. 
  • Buah-buahan. Buah-buahan merupakan jenis cemilan yang mudah dibawa dan mengandung cukup karbohidrat dan serat untuk membuat anda merasa kenyang. 
  • Gandum. Penelitian terbaru menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi gandum memiliki resiko diabetes paling rendah. 
  • Sayuran. Jadikanlah salad sayur sebagai salah satu menu cemilan anda. 

Contoh cemilan sehat dengan harga murah

Tentunya jika Anda sudah mengerti pembahasan diatas akan ada banyak ditemukan contoh cemilan sehat dengan harga murah untuk anak dan suami anda di rumah. Jadi penulis tidak akan membahas semuanya, cukup yang penulis rasa lebih mudah didapat dan dibuat. 

contoh cemilan sehat murah - popcorn + madu
contoh cemilan sehat murah: popcorn + madu
Popcorn + Madu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk contoh cemilan sehat, selain bisa didapat dengan harga yang terjangkau tapi juga sangat mudah untuk dibuat.

Tidak perlu resep yang banyak untuk membuat popcorn yang sehat dan kaya akan serat.

Anda cukup membeli jagung khusus untuk popcorn yang bisa Anda temui di indomaret terdekat dengan harga kurang lebih Rp 6000

jagung popcorn indomaret
jagung popcorn indomaret

Untuk menciptakan rasa manis dari popcorn kita gunakan MADU sebagai pengganti gula yang tinggi kalori. 

Cara pembuatannya cukup mudah, Anda cukup memasak jagung popcornnya menggunakan minyak zaitun. Setelah popcorn jadi Anda tuangkan madu di atas popcorn yang sudah jadi.

Dengan contoh diatas anda sudah memiliki cemilan kaya akan serat, vitamin dan enzim yang bagus unutk kesehatan tubuh anda.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa membantu Anda yang juga memiliki problem yang sama. Dan harus diingat, cemilan yang sehat tidak harus yang sudah saya contohkan, karena Anda bisa berkreasi lebih banyak lagi sesuai dengan kemampuan Anda. Guanakan lah cara yang Anda rasa lebih bisa menangani problem kesehatan Anda, semoga bisa membantu.

Komentar