Skip to main content

Teknik Penetapan Harga untuk Bisnis Jasa

Teknik Penetapan Harga untuk Bisnis Jasa - Wirausaha menetapkan harga untuk jasa berdasarkan bahan yang digunakan untuk menyediakan jasa, karyawan yang dipekerjakan, penyisihan untuk overhead dan laba (Scarborough et al, 2009).

Wirausaha juga dapat menetapkan harga berdasarkan harga yang berlaku di pasar atau menetapkan harga sendiri dan mencoba menjustifikasi keputusan tersebut dengan mendiferensiasikan jasa yang ditawarkan melalui cara yang unik dan kreatif (Kuratko dan Hornsby, 2009). 

Selanjutnya, ketika wirausaha menetapkan harga sendiri, terdapat tiga asumsi yaitu:

  1. Setiap perusahaan telah mengetahui biaya yang berlaku di pasar dan menetapkan harga yang menghasilkan profit.
  2. Setiap perusahaan jasa tidak dapat mendiferensiasikan produknya dibandingkan kompetitior sehingga harga yang sama digunakan untuk menjustifikasikan penawaran yang generik. 
  3. Struktur pasar oligopolistik terjadi, sehingga perusahaan yang menaikkan harga akan kehilangan pangsa pasarnya. Jika perusahaan menurunkan harga, maka kompetitor juga akan mengikutinya.

Dengan pendekatan ini maka perusahaan tidak dapat menganalisis biaya yang ditanggungnya sehingga wirausaha tidak tahu apakah harga yang berlaku dapat menghasilkan profit. 

Disamping itu, dengan harga yang relatif sama, perusahaan hanya menjadi pengikut pasar dan tidak mendorong untuk mendiferensiasikan produknya. Kualitas mengikuti kehendak pasar dengan kuantitas yang juga sesuai kondisi yang berlaku.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved