Skip to main content

Membahas taktik dan strategi penetapan harga baik untuk produk-produk baru maupun yang telah ada

Membahas taktik dan strategi penetapan harga baik untuk produk-produk baru maupun yang telah ada. Alat penetapan harga seperti analisis titik impas membantu manajer menetapkan harga untuk barang barang khusus tetapi tidak membantu dalam menetapkan strategi penetapan harga, yang merupakan aktivitas perencanaan. Strategi penetapan harga itu penting karena penetapan harga memiliki dampak langsung pada pendapatan dan sangat fleksibel.

Ada tiga pilihan untuk penetapan harga produk yang sudah ada: 

  • (1) Penetapan harga di atas pasar memanfaatkan asumsi-asumsi umum bahwa harga lebih tinggi berarti mutu lebih tinggi. 
  • (2) Penetapan harga di bawah pasar berfungsi jika perusahaan dapat menawarkan produk dengan mutu yang dapat diterima sambil senantiasa menjaga biaya di bawah biaya pesaing yang menetapkan harga lebih tinggi. 
  • (3) Penetapan harga mendekati harga pasar adalah pilihan lain yang sering ditempuh.

Perusahaan-perusahaan yang menetapkan harga produk baru harus memilih antara dua opsi kebijakan penetapan harga: 

  • (1) Penetapan harga mengapung (Price Skimming) - menetapkan harga awal yang tinggi untuk menutup biaya dan menghasilkan laba - memungkinkan perusahaan mendapatkan laba besar atas masing-masing barang yang terjual; tenaga pemasaran harus meyakinkan konsumen bahwa produknya benar-benar berbeda dari produk yang ada. 
  • (2) Penetapan harga penetrasi - menetapkan harga awal rendah untuk memantapkan produk baru di pasar berusaha menghasilkan minat konsumen dan merangsang pembelian percobaan.

Di pasar elektronik, penetapan harga dinamis dapat diterapkan karena arus informasi pada Web mengingatkan jutaan pembeli tentang perubahan segera dalam ketersediaan produk. Untuk menarik penjualan yang mungkin hilang atas struktur harga tetap tradisional, strategi ini memungkinkan para penjual mengganti harga secara pribadi, berdasarkan pelanggan ke pelanggan, orang per orang. 

Lepas dari strategi penetapan harganya, perusahaan mungkin menetapkan taktik penetapan harga: 

  • 1) Perusahaan yang menjual banyak barang dalam satu kategori produk sering menggunakan penetapan harga lini, menawarkan barang-barang dalam kategori tertentu pada sejumlah harga yang terbatas. Dengan melakukan penetapan harga lini, toko menetapkan terlebih dahulu tiga atau empat titik harga di mana produk akan dijual. 
  • (2) Penetapan harga psikologi memanfaatkan fakta bahwa pelanggan tidak benar-benar rasional ketika melakukan keputusan pembelian. Penetapan harga ganjil-genap didasarkan pada teori bahwa pelanggan lebih menyukai harga yang tidak dinyatakan dalam angka bulat. 
  • (3) Sering penjual harus menawarkan pemotongan harga - diskon -  untuk merangsang penjualan.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved