Skip to main content

Panduan Langkah Demi Langkah Membuat Engsel Bubut yang Efektif

Membuat engsel bubut dapat menjadi sebuah tantangan yang menarik bagi para penggemar kerajinan kayu atau besi. Engsel bubut biasanya digunakan pada pintu atau jendela yang memerlukan kekuatan dan ketahanan yang tinggi. Namun, untuk membuat engsel bubut yang berkualitas, dibutuhkan langkah-langkah yang benar dan akurat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana cara membuat engsel bubut dengan mudah dan efektif. Simak terus artikel ini untuk mempelajari seluruh proses pembuatannya!

Langkah kerja membuat engsel bubut

Berikut adalah langkah-langkah mudah dalam membuat engsel bubut yang bisa Anda ikuti:

  1. Potong benda kerja menjadi dua bagian, satu untuk poros bertingkat dan satu lagi untuk poros berlobang.
  2. Bubut kedua permukaan poros bertingkat dan poros berlobang sesuai dengan gambar rancangan agar terlihat rata dan mulus.
  3. Bubut diameter poros bertingkat dan poros berlobang sesuai dengan gambar rancangan untuk mendapatkan ukuran yang tepat.
  4. Lanjutkan dengan mem-bubut poros bertingkat sesuai dengan gambar rancangan.
  5. Setelah selesai, chamfer atau buat sisi miring pada kedua ujung poros bertingkat untuk memberikan kesan estetis dan memudahkan pemasangan engsel.
  6. Pasang benda kerja pada pelat cekam dan pastikan permukaan ujung benda kerja sejajar dengan pelat cekam.
  7. Pasang pahat bubut dan bubutlah rata bagian muka setinggi senter.
  8. Ganti pahat bubut dengan pahat lurus, lalu sayatkan benda kerja hingga seluruhnya tersayat lurus dan sesuai dengan keinginan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat engsel bubut yang berkualitas dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Selamat mencoba!

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved