Langsung ke konten utama

Begini Solusinya Ketika ingin Menikah tetapi Mertua Tidak Setuju

Baca Juga

Bagaimana solusinya ketika ingin menikah tetapi mertua malah tidak setuju karena menantu belum menjadi orang kaya? ini memang benar-benar menjadi masalah jika kamu medapatkan calon mertua yang materialis. Menemukan orang seperti itu memang keliatannya agak menjengkelkan dan cendrung kurang pantas, namun keadaan demikian biasanya terjadi karena ada penyebabnya.

Dibeberapa daerah hal seperti itu sangat lumrah terjadi, karena pengaruh kebiasaan sehingga menjadi budaya setempat yang tidak bisa dihindarkan.

Ada juga pengaruh dari karakter manusianya, yang cendrung ingin mendapatkan kesempurnaan hidup sehingga orang lain yang menjadi korban dari ketamakan dunia yang dia inginkan.

Ada juga karena faktor kasih sayang orang tua dengan anaknya yang cendrung berlebihan, sehingga menuntut calon suami harus lah kaya terlebih dahulu.

Apakah berusaha menjadi kaya sebelum menikah itu salah? 

Tentu saja tidak ada yang salah dengan hal ini, karena mencari kekayaan dunia itu di perbolehkan selama dengan cara-cara yang baik dan benar.

Sehingga kita harus membedakan antara orang yang sudah berusaha dengan orang yang belum berusaha.

Ketika orang yang sudah berusaha tapi kenyataannya berkata lain, usahanya kunjung tidak menjadi kesuksesan. Maka orang tersebut memiliki alasan untuk menghadap calom mertua.

Berbeda dengan anak yang belum berusaha dan tidak mau berusaha. Maka sifat seperti ini salah dan tidak baik untuk di tiru. sehingga terkadang orang tua yang baik, akan menasehati anak tersebut untuk berubah.

Bagaimana solusi menghadapi calon mertua yang menuntut lebih?

Menikah merupakan kewajiban bagi kita yang sudah cukup umur, dan menunda-nunda pernikahan bukan lah kebaikan. Namun di dalam pernikahan ada syarat sah yang harus di lakukan khususnya bagi perempuan yaitu adanya persetujuan dari walinya perempuan. Sedangkan bagi laki laki bukan syarat sah adanya persetujuan dari walinya laki laki.

Yang jadi masalah adalah ketika wali dari pihak perempuan tidak menyetujuinya atau memiliki syarat tertentu yang syarat tersebut sangat susah untuk kerjakan, misalnya harus memiliki harta tertentu, atau memiliki sesuatu yang sangat susah untuk di dapatkan.

Maka solusinya adalah sebagai orang yang beriman kepada Allah, berkata yang JUJUR kepada calon mertua Anda.

Ketika Calon mertua menginginkan harta yang sulit untuk Anda dapatkan, Maka berkata jujurlah kepada calon mertua Anda seperti dibawah ini:

" Saya hanya punya harta sekian-sekian dari hasil jerih payah saya selama ini, saya sudah berusaha semampu saya dan jika Allah menginginkan saya kaya maka saya pun bisa menjadi orang kaya, Namun Allah belum mengizinkan sekarang, apa boleh dikata, SAYA SUDAH BERUSAHA SEMAMPU SAYA, Namun saya tidak akan berhenti sampai disitu, saya akan tetap berusah dan berdoa, semoga suatu saat keingginan saya bisa dikabulkan oleh Allah . Saya hanya bisa berharap Bapak/ibuk bisa merestui pernikahan kami, dan saya berjanji membahagiakan calon istri dan membimbingnya menjadi orang yang sholeh. Anak yang sholeh adalah HARTA YANG PAING BERHARGA bagi kedua orang tuanya."

Ketika keimanan dan kejujuran Anda sudah disampaikan, namun hati dari calom mertua Anda belum juga terketuk untuk menerima Anda. Maka solusi keduanya adalah Iklaskanlah. Siapa tau Allah memang menakdirkan jalan yang lain untuk Anda. Tidak perlu Anda harus ngotot dengan satu Wanita saja. Anda bisa mencari wanita lain yang setara / sekufu dengan Anda yang pada dasarnya itu juga bagian dari sunah, selain akan membuat Anda lebih bahagia, hal itu juga bisa menjauhkan dari segala perselisihan yang mungkin nantinya akan terjadi.

Komentar