Langsung ke konten utama

Cara Perawatan Harian Burayak Ikan Cupang

Baca Juga

Cara Perawatan Harian Burayak Ikan Cupang yang perlu kamu ketahui, burayak ikan cupang sangat kecil ukurannya dan sangat mudah mati jika salah perawatan. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara perawatan harian burayak cupang agar sehat dan cepat tumbuh besar. Cukup meraik bukan? mari kita lanjut!

Cara Perawatan Harian Burayak Ikan Cupang

Burayak ikan cupang yang baru menetas belum mampu untuk berenang normal dan lurus, burayak perlu masa 2-3 hari, sehingga pada masa itu, perawatan masih dilakukan oleh indukan ikan cupang pejantan. Burayak yang jatuh kedasar kolam atau aquarium akan segera di angkat oleh induk pejantan dan di tempatkan di gelembung gelebung udara. Dan perlu di ketahui juga bahwa indukan cupang betina harus sudah di pisahkan ke tempat yang lain, ketika sudah melalui proses perkawinan dan bertelur.

Ketika burayak cupang sudah berenang stabil dan normal maka indukan cupang jantan boleh untuk dipisahkan ketempat lain. Dan burayak sudah siap untuk di beri makan.

Makanan yang baik untuk burayak adalah ARTEMIA dan INFUSORIA.

Pemberian pakan usahakan minimal 1 hari sekali dan secukupnya, tidak perlu berlebihan.

Tempatkan wadah burayak di luar ruangan supaya terkena sinar matahari pagi, dan berikan tumbuhan air supaya burayak juga bisa berteduh.

Berikan EM4 Perikanan dengan dosis 1 tetes perliter. Hal ini berfungsi untuk menjaga kualitas air agar tetap bagus walau airnya tidak diganti dalam waktu lama. Cara kerja EM4 sangat sederhana, yaitu mengurai kotoran maupun sisa pakan, menjadi unsur hara yang baik untuk pertumbuhan plangton air, sehingga ketika air sudah agak kehijauan dan tumbuh lumut, maka dengan proses potosintesis pada tumbuhan tersebut akan memperkaya oksigen pada air, sehingga kualitas air tetap bersih dan terjaga dengan adanya siklus alami dari ekosistem air.

Dari cara perawatan tersebut bisa kita dapatkan banyak pelajaran untuk mempercepat pertumbuhan burayak dan menjaga kesehatan anakan ikan cupang, tidak hanya terfokus pada satu cara saja, kita juga bisa mendapatkan cara dari banyak hal. Semoga  Cara Perawatan Harian Burayak Ikan Cupang bisa bermanfaat untuk pembaca yang budiman. Trimakasih atas kunjungannya semua.

Komentar