Langsung ke konten utama

Media Tanam Kaktus Terbaik untuk Pertumbuhan yang Optimal

Kaktus

Sebagai tanaman sukulen yang biasa hidup di daerah padang pasir, kaktus merupakan jenis tanaman yang mudah beradaptasi dengan kondisi apa pun. Tanaman ini mampu bertahan di segala cuaca. Penyesuaian diri tersebut terlihat dari bentuk sosoknya yang beraneka ragam. Apabila kondisi alam tidak bersahabat, kaktus akan meminimalkan pembentukan daun, bahkan tidak terbentuk daun sama sekali. 

Media tanam terbaik untuk kaktus

Hal itu dimaksudkan untuk menjaga persediaan air. Pada kondisi lingkungan bersuhu tinggi, kaktus akan beradaptasi dengan cara membentuk kulit yang tebal dan berlapis lilin. Morfologinya yang secara keseluruhan diselubungi oleh bulu-bulu halus atau duri-duri tajam merupakan salah satu mekanisme adaptasi kaktus terhadap kondisi lingkungan yang panas dan bertujuan untuk mengurangi pengeluaran air dari tanaman Kelebihan-kelebihan inilah yang menyebabkan kaktus mudah untuk dipelihara. Hal ini pula yang membuat para pecinta tanaman hias berminat untuk memeliharanya. Umumnya, tanaman kaktus menghendaki lingkungan tumbuh yang bersuhu tinggi (18,3-32,22 °C) dengan paparan sinar matahari yang open shade (12–14 jam per hari).

Syarat media tanam

Media tanam yang ideal bagi kaktus adalah porous sehingga dapat menyimpan air secukupnya, kelembapan rendah, dan sirkulasi udara yang baik.

Jenis media tanam

Untuk mendapatkan porositas yang baik, pasir kasar bisa digunakan sebagai media tanam kaktus. Oleh karena tanaman kaktus menyukai tanah yang mengandung kapur, batu kapur bisa ditambahkan ke dalam media tanam berupa bubuk batu kapur kasar atau puing-puing sisa reruntuhan tembok. 

Media tanam untuk bibit dan tanaman dewasa berbeda. Untuk bibit media tanam yang bisa digunakan berupa campuran tanah porous bubuk batu kapur atau pecahan batu bata, pasir berbutir kasar, dan pupuk kandang atau kompos. Untuk tanaman dewasa, media tanam yang digunakan bisa berupa serbuk batu kapur, puing tembok, dan serpihan rumah keong Sebagai tambahan unsur hara, pupuk kandang atau kompos yang sudah matang bisa dicampurkan ke media tanam.

Ragam formula

Ragam formulasi media tanam untuk kaktus disajikan pada Tabel . 

Ragam formula media tanam kaktus

Salah satu formula media tanam kaktus. Berupa tanah liat, pasir, kompos, dan pecahan batu bata merah dengan perbandingan 1:1:1:1.

Komentar

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved