Skip to main content

Cara Budidaya Ikan Lencam di Keramba Jaring Apung (KJA)

Benih ikan lencam untuk budi daya diperoleh dari penangkapan di alam. Ikan yang tertangkap mulai dari ukuran 20 gr/ekor hingga ukuran besar. Untuk budi daya sebaiknya menggunakan benih dari ukuran 20-150 gr/ekor. Sampai saat ini belum ada pembenihan lencam secara terkontrol di hatchri. 

PEMELIHARAAN IKAN LENCAM DI KJA

Untuk menghasilkan ikan lencam ukuran konsumsi (> 300 gr/ekor) diperlukan pemeliharaan 5-9 bulan tergantung dari ukuran awal benih yang ditebar. Jika benih yang ditebar mencapai ukuran 100-150 gr/ekor. setelah dipelihara 5-6 bulan telah mencapai ukuran > 300 gr/ekor. sedangkan benih ukuran 40 gr/ekor, untuk mencapai ukutan > 300 gr/ekor dipelihara selama 7-9 bulan. 

1. Penggelondongan

Benih ikan lencam yang ditangkap ukurannya tidak seragam. Karena itu, pemeliharaan dilakukan bertahap. Untuk benih ukuran 20-60 gr/ekor dapat ditebar dengan kepadatan 60-70 ekor/m3 sedangkan benih yang mencapai ukuran 70-150 gr/ekor ditebar dengan kepadatan 50-60 ekor/m3.

Pada tahap penggelondongan ikan lencam diberi pakan berupa ikan rucah segar yang dipotong atau dicacah kecil-kecil sesuai dengan lebar bukaan mulut ikan. Frekuensi pemberian pakan yaitu 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari dengan dosis 6-8 % dari total bobot badan ikan. Selain itu, ikan lencam juga dapat diberi tambahan vitamin seminggu sekali yang diberikan bersama pakan. Vitamin yang digunakan adalah Amolovit dengan dosis 1 gr/kg pakan dan Probiotik 1-2 cc/kg pakan.

2. Pembesaran

Biasanya setelah dipelihara 2-3 bulan di KJA penggelondongan, ikan lencam telah mencapai ukuran 90-120 gr/ekor untuk benih yang ditebar pada ukuran 20-60 gr/ekor. Pada saat ini, ikan lencam dipindahkan ke keramba pembesaran Padat penebaran dalam keramba pembesaran adalah berkisar antara 40-50 ekor/m3.

Selama pemeliharaan, ikan lencam diberikan pakan berupa ikan-ikan rucah segar. Jumlah pakan yang diberikan 4-6% dari total bobot ikan per hari yang diberikan 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Dalam tahap pembesaran ini juga dapat ditambahkan vitamin yang diberikan seminggu sekali dengan cara dicampurkan pada pakan. Biasanya dalam 5 -6 bulan di keramba pembesaran, ikan lencam akan mencapai ukuran konsumsi dengan berat > 300 gr/ekor.

Selama pemeliharaan ikan lencam, KJA perlu dirawat dengan baik sehingga mendukung usaha peningkatan produksi. Mata jaring yang kecil akan memudahkan jaring keramba menjadi cepat kotor ditempeli organisme pengganggu, misalnya beberapa jenis alga, teritip, dan kerang kerangan. Menempelnya organisme tersebut akan menghambat pertukaran air. Untuk mengatasinya jaring keramba harus diganti. Jaring keramba yang kotor. dicuci dan dikeringkan, sehingga nantinya siap untuk menggantikan jaring keramba yang kotor Biasanya bagi jaring keramba berukuran mata jaring kecil (1 inci), membutuhkan waktu ganti jaring 2 minggu sedangkan bagi keramba jaring bermata 2 inci, membutuhkan waktu ganti antara 3-4 minggu. 

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved