Skip to main content

Strategi Pemasaran Bisnis Ritel

Tingginya permintaan pasar akan produk ritel, membuat sebagian besar pelaku usaha memilih strategi pemasaran bisnis ritel melepas pro duk mereka ke pasaran. Meskipun cara ini terbilang mudah, namun per saingan pasar bisnis ritel udah sangat tinggi. Maka dari itu bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis ritel, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut untuk memenangkan pasar:

5 Strategi Pemasaran Bisnis Ritel

1. Tentukan target pasar. 

Meskipun bisnis ritel biasa menawar kan berbagai produk kebutuhan masyarakat, namun sebisa mungkin tentukan target konsumen yang ingin Anda jangkau. Misalnya saja lebih menekankan harga murah untuk menjangkau konsumen menengah ke bawah, atau menyediakan produk dengan kualitas terbaik untuk menjangkau sasaran pasar menengah ke atas.

2. Ciptakan loyalitas pelanggan

Memiliki konsumen yang loyal, merupakan strategi tepat untuk meningkatkan pemasaran. Bukan hanya itu saja, dengan adanya loyalitas konsumen juga membantu bisnis ritel untuk menghadapi persaingan pasar. Ciptakan program program promosi yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen, contohnya saja dengan memberikan kartu diskon bagi para member, atau mengadakan event promosi setiap akhir pekan.

3. Pilih lokasi usaha yang strategis

Pemilihan lokasi usaha sangat mempengaruhi tingkat penjualan pada bisnis ritel. Sesuaikan lokasi usaha dengan bisnis retail yang ingin dijalankan, sebab lokasi usaha juga ikut menentukan potensi pasar. Seperti lokasi yang ada di tengah pemukiman warga, Anda bisa membuka toko kelontong. Sedangkan untuk lokasi usaha yang ada di daerah perkotaan, Anda bisa mencoba bisnis ritel dengan minimarket atau supermarket.

4. Cantumkan brand pada setiap produk. 

Penanaman image kepada para konsumen, menjadi cara jitu untuk memasarkan bisnis ritel. Yang perlu diingat adalah brand bukan hanya sekadar nama, jadi cantumkan brand yang telah ditetapkan di setiap produk. Seperti mencantumkan logo di setiap label harga produk, atau mencantumkan logo pada interior ruangan. Sehingga brand tersebut menjadi pembeda bisnis ritel Anda dengan bisnis para pesaing. 

5. Berikan pelayanan prima kepada konsumen. 

Jangan abaikan istilah pembeli adalah raja. Istilah ini memberikan masukan kepada para pelaku usaha untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Biasakan layani konsumen dengan 3S 1A (sambut, senyum, sapa dan antusias). Lakukan dari hal yang terkecil, seperti menyambut konsumen dengan salam dan mengucapkan terima kasih setelah mereka selesai berbelanja. Cara ini sudah dilakukan pada seba gian kecil bisnis ritel. Jadi konsumen merasa dihargai ketika berbelanja di tempat Anda, dan tidak segan untuk datang berbelanja kembali.

Karena strategi pemasaran bisnis retail lebih mengacu pada konsumen akhir sebagai potensi pasar, sebaiknya lakukan pemasaran bisnis dengan pendekatan langsung kepada konsumen. Yakinlah bila loyalitas konsumen telah terbentuk, maka yang menjadi agen pemasaran paling efektif bagi bisnis Anda adalah para konsumen tersebut. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan konsumen dan biarkan mereka menjadi agen pemasaran Anda.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved