Skip to main content

Jenis-jenis firewall adalah

Beginisob, mungkin kamu sekarang sedang bingung dan bertanya-tanya tentang jenis jenis firewall? Beginisob penjelasannya, firewall adalah sistem keamanan jaringan yang digunakan untuk membatasi akses jaringan dan melindungi sistem dari serangan eksternal. Ada beberapa jenis firewall yang digunakan dalam jaringan, di antaranya adalah:

Jenis-jenisnya adalah

1. Firewall Paket Filtering: Firewall ini menyaring lalu lintas jaringan berdasarkan aturan yang ditentukan. Firewall ini dapat menyaring lalu lintas berdasarkan alamat IP, protokol jaringan, dan port.

2. Firewall Stateful Inspection: Firewall ini menyimpan informasi tentang koneksi jaringan yang sedang berlangsung. Firewall ini dapat membedakan antara koneksi yang sah dan koneksi yang tidak sah.

3. Firewall Application Layer: Firewall ini menyaring lalu lintas jaringan berdasarkan aplikasi yang digunakan. Firewall ini dapat menyaring lalu lintas berdasarkan aplikasi yang digunakan, seperti web browser, email client, atau aplikasi file sharing.

4. Firewall Next-Generation: Firewall ini menggabungkan fitur dari beberapa jenis firewall yang berbeda. Firewall ini dapat melakukan paket filtering, stateful inspection, dan filtering aplikasi. Selain itu, firewall ini juga dapat melakukan analisis tingkat aplikasi, deteksi serangan, dan pencegahan serangan.

5. Firewall Hardware: Firewall ini menjalankan software firewall pada perangkat keras khusus. Firewall ini dapat digunakan untuk melindungi jaringan yang besar dan kompleks. Firewall ini juga dapat digunakan untuk menyaring lalu lintas jaringan yang berasal dari internet.

6. Firewall Software: Firewall ini menjalankan software firewall pada perangkat lunak komputer. Firewall ini dapat digunakan untuk melindungi sistem individual atau jaringan kecil.

Pemilihan jenis firewall yang tepat tergantung pada kebutuhan jaringan dan tingkat keamanan yang diinginkan. Namun, firewall Next-Generation sering menjadi pilihan yang populer karena memberikan perlindungan yang lebih komprehensif dan menyeluruh.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved