Langsung ke konten utama

7 hal yang harus dihindari dari pikiran negatif

Baca Juga

7 hal yang harus dihindari dari pikiran negatif

Beginisob 7 hal yang harus dihindari dari pikiran negatif, diantaranya adalah

1. Selalu menciptakan bayangan negatif 

Orang-orang negatif selalu menciptakan bayangan-bayangan yang negatif ketimbang yang positif. Selain men cipta kan bayangan, mereka juga kemudian meyakini ba yangan-bayangan ciptaannya itu dan menjadikannya semacam patokan. Terkadang malah meyakininya sebagai sebuah realita. Padahal itu semua cuma ilusi. Seperti misal nya, mereka senang sekali membayangkan kegagalan dibanding kan kesuksesan. Padahal usaha untuk mencapai ke arah ke berhasilan itu belum tuntas dilaksanakan, atau bahkan belum dilaksanakan sama sekali .

2. Menolak perubahan 

Manusia negatif umumnya tidak siap pada perubahan. Mereka takut perubahan akan merusak status quo yang selama ini sudah mereka percayai. Status quo ini bisa bermacammacam. Bisa berbagai dogma tentang kepercayaan mereka, tentang kebudayaan yang sudah mereka jalani dan yakini selama ini, atau tentang berbagai pandangan mereka terhadap dunia yang selama ini sudah tertanam di kepala.

3. Amat emosional, selalu mengeluh dan menyalahkan apapun 

Manusia berkepribadian negatif adalah makhluk yang amat emosional. Ia tidak bisa mengontrol emosinya dan selalu me rasa ingin dikasihani karena sifatnya itu. Karena sifatnya yang emosional itu pulalah ia akhirnya tidak bisa berpikir jernih dan objektif. Akibatnya, berbagai tindakan yang di lakukan olehnya seringkali hanya berlandaskan pada emosi semata.

4. Selalu merasa dirinya gagal dan inferior 

Orang dengan kepribadian negatif adalah orang yang inferior dan selalu merasa dirinya telah gagal dalam banyak hal. Ia merasa tidak percaya diri dengan kemampuan dirinya dan pada akhirnya menjadi sinis melihat orang lain yang lebih sukses darinya. Orang dengan kepribadian seperti ini juga seringkali menyalahkan kegagalan dirinya kepada orang lain. Ia kemudian bukan berusaha mengkoreksi diri dan melihat apa yang salah dan apa saja yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan, ia malah mengutuki diri, membuat diri semakin kecil dan kerdil lalu membading-bandingkan diri dengan orang lain. Kata-kata yang biasanya keluar dari orang-orang seperti ini adalah “Saya kan bukan orang kaya seperti kamu.” “Saya kan tidak cantik atau pintar seperti kamu.”
selanjutnya 7 hal yang harus dihindari dari pikiran negatif adalah.

5. Peragu dan amat labil 

Orang yang memiliki kepribadian negatif seringkali amat peragu. Ia juga amat mudah dipengaruhi oleh orang lain atau oleh keadaan. Manusia dengan kepribadian seperti ini tidak punya ketegasan dalam hidupnya. Ia selalu ragu-ragu dalam mengambil keputusan, sehingga ketika berjalan, ia akan mudah berbelok arah jika ada sesuatu yang datang mempengaruhinya.

6. Intoleran dan tidak bisa hidup bersama orang lain 

Orang yang negatif adalah manusia yang amat intoleran. Mereka tidak mau memahami dan menerima sesuatu yang berbeda dari dirinya. Tidak ada kata keragaman dalam kamus mereka. Mereka selalu memaksakan kehendak mereka dan menganggap apa yang mereka yakini itu yang paling benar. Akibatnya orang-orang seperti ini tidak akan bisa hidup se laras dan harmonis dengan orang lain yang berbeda dari mereka.

7. Sering depresi dan lebih mudah terkena penyakit fisik 


Orang yang negatif ternyata lebih mudah terkena penyakit jiwa dan amat rentan terhadap penyakit-penyakit fisik. Seperti sudah dijelaskan pada bab-bab sebelumnya, kenegatifan adalah racun yang akan menjalar ke seluruh tubuh dan jiwa manusia. Racun yang terkadang tidak kita sadari telah merusak setiap jaringan fisik yang ada dalam diri manusia. Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa leih dari 95 persen penyebab munculnya penyakit manusia bersumber dari akal pikiran. Akal pikiran itulah yang akan mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh untuk kemudian direspon oleh tubuh. Penelitian ini juga menyatakan bahwa pikiran negatif dapat membuat sistem saraf selalu tegang. Akibat sinyal dari pikiran negatif itu, sistem kekebalan tubuh pun bekerja lebih keras lagi. Napas pun menjadi berat dan tersengal, tekanan da rah juga bisa meningkat, suhu tubuh berubah, dan kadar adrenalin bertambah. Ini semua tentu respon tubuh yang tidak normal. Ini bisa menimbulkan berbagai penyakit fisik. Termasuk juga penyakit jiwa, seperti depresi, cemas, serangan panik, dan pikun di usia muda.
7 hal yang harus dihindari dari pikiran negatif

Komentar