Langsung ke konten utama

6 Peran Manusia dalam Kehidupan

Baca Juga

Peran manusia dalam kehidupan. Sejatinya, hakikat manusia adalah makhluk dimensional yang memiliki keragaman di dalamnya. Dimensi-dimensi itu saling terkait, saling mempengaruhi dan saling berfungsi satu dengan lain nya. Inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Manusia memiliki kelebihan serta kebebasan untuk berkehendak, sementara makhluk yang lainnya belum tentu. Semuanya ini sudah terpatri dalam diri manusia dan telah menjadi bagian natural dalam diri manusia yang hakiki. Berikut adalah gambaran dari dimensi-dimensi itu:

Peran Manusia dalam Kehidupan

1. Peran Kehidupan Manusia sebagai makhluk individu
Sebagai makhluk individu, manusia adalah makhluk independen yang me miliki kediriannya secara utuh. Sebagai seorang individu manusia memiliki unsur rohani dan jasmani, unsur fisik dan psikis serta unsur jiwa dan raga. Seseorang sudah dikatakan menjadi manusia utuh, manakala unsur unsur tersebut bersatu di dalam dirinya. Pengertian manusia sebagai makhluk individu mengacu pada hal-hal yang berkenaan pada diri manusia itu sendiri. 

2. Peran Kehidupan Manusia sebagai makhluk sosial
Manusia terlahir sebagai makhluk sosial. Artinya, manusia sulit untuk tidak hidup bersama dengan orang lain. Hidup bersama disini artinya, hidup yang membutuhkan bantuan orang lain, walaupun tidak harus seatap dengan orang lain. Secara sederhana misalnya saja, kebutuhan konsumsi kita sebagian besar masih dipenuhi oleh para petani ataupun peternak, serta kebutuhan sandang kita masih diproduksi oleh parapembuat baju. 

3. Peran Kehidupan Manusia sebagai makhluk budaya 
Manusia dilahirkan, kemudian dibesarkan dalam konteks kultural tertentu. Dengan latar belakang budaya itu, manusia mendapatkan bekal berupa berbagai aturan serta norma tentang hidup. Konteks kultural itu juga yang membentuk sikap pandang manusia saat menghadapi hidup dengan berbagai permasalahanya. Dengan pengetahuan budaya yang ia miliki itu, manusia juga akan mengambil tindakan atau solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ia hadapi, sesuai dengan latar budaya yang ia miliki. 

4. Kehidupan Manusia sebagai makhluk sejarah 
Manusia adalah pembentuk sejarah yang pa ling utama. Ia telah ada sejak manusia mulai bereksistensi dipermukaan bumi. Jadi sejatinya, hakikat dari sejarah itu sendiri terlahir karena adanya manusia, tanpa manusia tidak mungkin ada istilah sejarah. Manusialah yang memiliki peran utama didalam sejarah itu sendiri dan manusia-lah yang menjadi subjek sekaligus objek dalam sejarah tersebut. Sementara makhluk serta elemen-elemen lain nya menjadi semacam latar belakang dan pe lengkap dari kisah yang tertoreh dalam sejarah itu. 

5. Peran Kehidupan Manusia sebagai makhluk ekonomi 
Sebagai makhluk ekonomi manusia membutuhkan alat tukar untuk memenuhhi kebutuhan hidupnya. Apalagi di jaman sekarang ini, saat alat tukar bernama uang telah menjadi salah satu alat yang cukup berpengaruh di dunia. Sekarang ini, seperti nya amat sulit jika tidak memiliki uang sepeser pun jika kita ingin memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. 

6. Peran Kehidupan Manusia sebagai makhluk biologis 
Sebagai makhluk biologis, manusia tidak bisa melepaskan dirinya dari berbagai fungsi biologis yang ada dalam tubuh kita. Berbagai fungsi biologis itulah yang membuat hidup kita berjalan secara normal. Jika ada salah satu fungsi biologis yang tidak berjalan dengan baik, maka bisa saja seluruh tubuh kita akan bermasalah. Ini tentu yang akan mengakibatkan hidup kita yang menjadi tidak bahagia.

Komentar