Skip to main content

Jelaskan dari manakah oksigen berasal, sehingga oksigen dapat diikat oleh hemoglobin!

Jelaskan dari manakah oksigen berasal, sehingga oksigen dapat diikat oleh hemoglobin! - Hallo para pelajar yang berbahagia, Beginisob pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan mekanisme dari manakah oksigen berasal. Kami telah mempersiapkan jawaban terbaik untuk kamu baca dan ketahui. Materi yang akan kami bagikan ini merupakan pelajaran IPA, cukup menarik bukan? Jika iya, mari kita lanjut!.

Judul pembahasan kali ini adalah Jelaskan dari manakah oksigen berasal, sehingga oksigen dapat diikat oleh hemoglobin! yang bisa kamu pelajari disini Jelaskan dari manakah oksigen berasal, sehingga oksigen dapat diikat oleh hemoglobin!. Kamu juga bisa mendapatkan materi pelajaran menarik lainnya yang tidak kalah bermanfaatnya disini.

Jelaskan dari manakah oksigen berasal, sehingga oksigen dapat diikat oleh hemoglobin!

Perhatikan reaksi pengikatan oksigen yang dilakukan oleh hemoglobin di bawah ini!
 reaksi pengikatan oksigen yang dilakukan oleh hemoglobin

Jelaskan dari manakah oksigen berasal, sehingga oksigen dapat diikat oleh hemoglobin! Oksigen berasal dari udara pernapasan (pada saat menghirup napas) yang ada di paru-paru tepatnya yang ditampung di alveolus. Pada permukaan alveolus terdapat pembuluh darah (kapiler). Hal ini memungkinkan terjadinya pertemuan antara oksigen dengan hemoglobin (terdapat di pembuluh darah).

Melalui mekanisme tertentu, oksigen yang ada di alveolus akan dilepaskan ke pembuluh darah dan selanjutnya diikat oleh hemoglobin. Oksigen yang diikat oleh hemoglobin (oksihemoglobin) akan diedarkan ke sel-sel tubuh yang membutuhkan oksigen.

Materi Bab 7 Sistem Transportasi dan Sistem Respirasi Kelas 08 SMP IPA Semester 2, Cetakan ke-1 2014

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved