Langsung ke konten utama

Bagaimana Cara Kerja Kincir Angin yang Benar?

Baca Juga

Hallo para pelajar yang berbahagia, Beginisob pada kesempatan kali ini kami akan Jelaskan Bagaimana cara kerja kincir angin?. Materi yang akan kami bagikan ini adalah Energi dalam Sistem Kehidupan dari pelajaran IPA, cukup menarik bukan? Jika iya, mari kita lanjut!.

Energi angin memanfaatkan tenaga angin dengan menggunakan kincir angin untuk diubah menjadi energi listrik atau bentuk energi lainnya. Umumnya, digunakan dalam ladang angin dalam skala besar untuk menyediakan listrik di lokasi yang terisolir.

Bagaimana cara kerja kincir angin? Jelaskan!

cara kerja kincir angin

Bagaimana cara kerja kincir angin? Jelaskan! Pada prinsipnya kincir angin bekerja sebagai “Penerima Energi”, artinya dia menerima energi (kinetik) dari angin dan merubahnya menjadi energi lain yang dapat digunakan seperti listrik.

Angin yang datang akan menumpuk sayap kipas (baling-baling pada kincir angin, sehingga sayap kipas akan berputar. Kemudian sayap kipas akan memutar poros di dalam nacelle (berbentuk tabung di belakang sayap kipas kincir angin).

Poros dihubungkan ke gearbox (semacam roda bergerigi), di gearbow kecepatan perputaran poros ditingkatkan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi dalam gearbox. Gearbox dihubungkan ke generator yang akan mengubah energi mekanik menjadi energi listrik.

Dari generator energi listrik mengalir menuju transformer (alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan). Barulah listrik dapat didistribusikan/disalurkan ke tempat yang membutuhkan.

Materi Bab 5 Energi dalam Sistem Kehidupan  Kelas 07 SMP Ilmu Pengetahuan Alam Semester 1. Cetakan Ke-4, 2017 (Edisi Revisi) Disusun dengan huruf Myriad Pro, 11 pt.

Komentar