Skip to main content

Media Tanam Adenium untuk Pertumbuhan yang Optimal

Adenium

Adenium atau kamboja jepang merupakan tanaman hias yang disukai karena rajin berbunga walaupun tanpa perlakuan khusus. Di habitat aslinya, Pulau Socotra, Yaman, adenium dapat bertahan hidup hingga ratusan tahun. Meskipun demikian, adenium tetap membutuhkan lingkungan tumbuh yang sesuai agar pertumbuhannya optimal.

Media tanam terbaik untuk adenium

Tanaman adenium berasal dari daerah gurun pasir sehingga bisa tumbuh dengan baik di daerah yang panas kering dan bersuhu tinggi (25-30°C). Idealnya, adenium membutuhkan sinar matahari langsung dengan intensitas cahaya 80%. Penyinaran pada tanaman dewasa selama 8-12 jam sehari sangat baik untuk pertumbuhan dan pembungaan Sementara penyinaran pada tanaman umur kurang dari 6 bulan berkisar 4 jam sehari dan tanaman umur 6–12 bulan berkisar 6 jam sehari. Meskipun demikian adenium masih dapat tumbuh di daerah yang dingin atau teduh, tetapi pertumbuhannya relatif lebih lambat dan bunga yang dihasilkan pun cenderung lebih sedikit

1. Syarat media tanam

Tidak ada rumusan baku mengenai media tanam yang paling cocok untuk adenium Pada dasarnya, semua campuran media tanam bagus bila cocok dengan lingkungan dan cara pembudidayaannya. Hanya saja, media tanam yang baik bagi adenium yaitu mampu mengikat air dan udara sekaligus (porous tapi dapat menyerap air), mensuplai unsur hara, dan derajat keasaman (pH) berkisar 5,6-6,5. Media tanam yang porous akan membuat sirkulasi udara dan aliran air lancar. Sementara media yang kurang porous menyebabkan tanaman menjadi rentan terhadap cendawan. Untuk menjaga kelembapan tetap rendah, air tidak boleh tergenang terlalu lama di media tanam. Air yang menggenang di media tanam dapat menyebabkan busuk akar.

2. Jenis media tanam

Berdasarkan sifat tanamannya, media tanam yang cocok digunakan untuk penanaman adenium di antaranya tanah merah, coco peat, sekam bakar, sekam mentah, pasir bangunan, arang kayu berukuran (1 x 1) cm, dan pasir malang. Namun, untuk menunjang suplai unsur hara, media tanam masih harus dikombinasikan dengan pupuk kandang atau kompos.

3. Formula media tanam

Beberapa formula media tanam untuk adenium disajikan pada Tabel  berikut ini.

Beberapa formula media tanam untuk adenium

Salah satu formulasi media tanam adenium. Terdiri dari pasir malang, sekam, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved