Langsung ke konten utama

Media Tanam Bunga Mawar yang Bagus untuk Pertumbuhan

bunga mawar

Mawar merupakan salah satu tanaman hias yang paling dikenal dan disukai orang sebagai penghias taman dan bunga potong. Tanaman ini juga digemari karena bunganya yang cantik dan warnanya yang semarak Mawar juga sering dianggap sebagai tanaman hias pionir karena sudah dibudidayakan sebagai tanaman hias sejak berabad-abad silam. 

Media tanam bunga mawar untuk pertumbuhan yang optimal

Dalam pertumbuhannya, mawar membutuhkan perhatian yang cukup khusus, terutama pada bagian akarnya. Akar mawar tidak dapat bersaing dengan akar tanaman lain. Agar pertumbuhan optimal, mawar membutuhkan cahaya matahari sekitar 5-6 jam per ha dengan drainase dan aerasi yang baik. 

1. Syarat media tanam

Media tanam yang digunakan untuk tanaman mawar harus bersifat poros karena dapat menyediakan udara bila kondisi media tanam kering. Sebaliknya, bila media tanam dalam kondisi basah, udara yang ada di dalam pon pori akan digantikan oleh air. Proses pergantian tersebut terjadi secara kontinu dan sangat dibutuhkan oleh akar mawar.

2. Jenis media tanam

Penanaman mawar umumnya dilakukan secara langsung pada tanah secara permanen. Tanaman mawar cocok ditanam pada tanah liat berpasir yang kandungan liatnya berkisar 20-30. Sifat tanah jenis ini merupakan perpaduan antara tanah liat dan tanah pasir. Namun demikian, mawar juga dapat ditanam dalam pot (pot plant) dengan komposisi media tanam berupa campuran tanah top soil pupuk kandang, dan sekam bakar.

3. Ragam media tanam

Ragam media tanam untuk tanaman mawar disajikan pada Tabel.

Ragam formula media tanam bunga mawar

Salah satu formulasi media tanam mawar. Berupa top soil, sekam boker, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.

4. Perlakuan khusus

Derajat keasaman media tanam untuk mawar yang ideal sekitar 55-7,0. Pada tanah asam (pH 5,0), media perlu ditambahkan kapur dolomit, kalsit atau zeagro dengan dosis 4-5 ton/hektar. Tujuannya untuk menaikan pH; menambah unsur-unsur Ca dan Mg; memperbaiki kehidupan mikroorganisme, memperbaiki bintil-bintil akar, mengurangi keracunan Fe, Mn, dan Al; serta menambah ketersediaan unsur-unsur hara mikro, seperti P dan Mo yang sangat dibutuhkan oleh tanaman mawar. 

Komentar

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved