Langsung ke konten utama

Media Tanam Sansevieria yang Bagus untuk Pertumbuhan

sansevieria

Seperti aglaonema dan philodendron, sansevieria juga merupakan tanaman hias yang unggul karena daunnya yang unik. Selain sebagai penghias taman, sansevieria juga berperan penting dalam menyerap polusi udara dan dapat menghalau radiasi di lingkungan sekitarnya. Untuk merawat sansevieria, tidak diperlukan keahlian khusus karena tanaman ini relatif mudah untuk dipelihara dan dapat bertahan lama. 

Media tanam sansevieria untuk pertumbuhan yang optimal

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan sansevieria yaitu pemilihan pot. Pot yang baik adalah pot yang telah disesuaikan dengan jenis dan umur tanaman sansevieria. Beberapa jenis pot yang cocok digunakan sebagai wadah tanaman sansevieria adalah pot tanah liat, pot plastik, dan pot keramik. Pot tanah liat dianggap mewakili kriteria wadah tanaman yang baik karena memiliki dinding yang porous sehingga mampu menyerap dan membuang kelebihan air di dalam pot:

1. Syarat media tanam

Media tanam yang digunakan untuk sansevieria harus selalu berada dalam kondisi kering, tetapi tidak terlalu kering dengan kondisi media sedikit porous. 

2. Jenis media tanam

Media tanam yang bisa digunakan untuk menanam sansevieria antara lain pasir malang sekam bakar, dan pupuk kandang.

3. Ragam formulasi

Ragam formulasi media tanam untuk sansevieria disajikan pada Tabel. 

Ragam formula media tanam sanseviera

Salah satu formulasi media tanam sansevieria Berupa pasir malang, sekam bakar dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1.

Komentar

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved