Skip to main content

Cara Memilih Bibit Buah yang Bagus dan Baik

Tidak jarang orang bingung dalam memilih bibit buah yang baik itu seperti apa. Oleh karena itu, tempat pembelian dan perolehan asal bibit yang ditanam harus jelas serta penangkar yang terpercaya. 

Tujuannya agar bibit yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan dan diyakini baik. Bibit buah yang baik akan menentukan pertumbuhan dan hasil panennya. 

Selain itu, bibit yang akan ditanam telah cukup umur sehingga tidak menunggu lama untuk membuahkannya, apalagi harus menunggu sampai tahunan. 

Pengetahuan dan informasi tentang jenis-jenis bibit beserta metode atau cara pembuatannya akan sangat membantu seseorang untuk menentukan pilihannya tersebut. 

Cara memilih bibit buah yang bagus

Berikut beberapa ciri-ciri bibit tanaman buah yang sehat dan unggul:

  • Vigor. Artinya, tanaman dalam kondisi subur dan tegap.
  • Daun bibit mulus dan tidak ada hama penyakit. Warna daun bibit hijau cerah atau pucuknya berwarna hijau atau merah muda. Jika sedang kondisi stagnan daunnya berwarna hijau tua yang mengilap. Jika ada bekas serangan hama dan penyakit serta menggulung, sebaiknya tanaman diwaspadai.
  • Batang bibit sehat, lurus, kulit batang cerah beralur, potongan cabang/dahan tidak dipaksakan, serta bentuk proporsional atas dengan bawahnya. Batang atas harus tegak mengarah ke atas. tidak bengkok atau merunduk ke bawah. Untuk bibit yang yang lebih dari satu meter, pilih bibit yang ada percabangannya. Tanaman yang baik memiliki banyak cabang ke semua arah serta tajuknya rimbun. Selain itu, batang bebas dari jamur yang menempel dan hama, seperti bulatan putih (kutu putih) serta penggerek atau bekas sayatan. 
  • Akar bibit memiliki banyak akar serabut. Bahkan, akar serabut sudah sampai ke tepian polibag atau menembus polibag dan akar tampak putih. 
  • Bibit yang sudah berbuah diperhatikan kerontokan daun dan bentuk buahnya Sebaiknya daun tidak rontok. Bentuk buah harus sempurna, tidak berulat, proporsional, tidak mengecil warna kulit buah cerah atau biasanya berminyak atau ada bubuk putihnya. 
Begitulah cara memilih bibit buah yang bagus. Semoga bisa membantu Anda yang sedang ingin memilih bibit buah seperti bibit buah naga, belimbing, durian, buah tin dan banyak lagi yang lainnya. 

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved