Skip to main content

Apa saja Strategi Pemasaran Bisnis Ritel?

Dalam bisnis ritel, juga menggunakan strategi pemasaran, misalnya strategi barang, strategi penetapan harga, strategi pemilihan lokasi, strategi promosi, strategi efisiensi keuangan, strategi pemberian merek atau label, yang mana strategi-strategi tersebut berpengaruh dalam pengambilan keputusan manajemen bisnis ritel.

Strategi bisnis ritel menurut C.W. Utami (2006) 

Menurut C.W. Utami (2006) strategi ritel adalah pernyataan yang menjelaskan beberapa hal, yaitu:

  1. Pasar sasaran (target market) adalah segmen-segmen pasar yang di rencanakan untuk dilayani terkait dengan aktivitas memfokuskan sumber daya yang harus disiapkan oleh ritel. 
  2. Format yang direncanakan akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan target pasar. Format ritel adalah gabungan ritel didasarkan pada sifat atau ciri barang dan jasa yang ditawarkan, kebijakan penentuan harga, pemasangan iklan, dan program promosi, desain toko ritel, dan lokasi khusus ritel.
  3. Dasar perencanaan ritel untuk memperoleh keunggulan bersaing yang dapat dipertahankan atau keuntungan dari persaingan yang dapat dipertahankan dalam jangka panjang.

Dengan demikian setiap strategi ritel meliputi: pemilihan segmen target pasar dan penentuan format ritel, pengembangan keunggulan bersaing yang memungkinkan ritel untuk mengurangi tingkat kompensasi yang dihadapi.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved