Skip to main content

Cara Menentukan Lokasi Bisnis Ritel Bidang Produksi

Bila usaha Anda bergerak dalam bidang produksi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi bisnis, yakni:

Menentukan Lokasi Bisnis Ritel Bidang Produksi

1. Dekat dengan pasar 

Bagi pengusaha dalam bidang penjualan produk, biaya dan waktu diperlukan untuk mengangkut produk ke pelanggan, adalah suatu pertimbangan utama. Karena itu, perusahaan harus ditempatkan dekat pusat pasarnya. Faktor lain yang juga perlu diperhatikan dalam mendekati pasar, yaitu kuantitas dan kualitas produk yang akan dijual, daya beli masyarakat, dan jenis produk yang akan dihasilkan. Barang yang lekas rusak, seperti daging, ikan memerlukan kecepatan untuk sampai ke pasar, hal ini perlu dipertimbangkan. 

2. Dekat dengan bahan baku dan bahan Penunjang

Sumber bahan baku atau bahan mentah yang diperlukan sebagai input, harus dipertimbangkan. Ini sangat erat hubungannya dengan biaya produksi. Bahan baku yang murah harganya tetapi jauh letak nya dari lokasi perusahaan, akan mengakibatkan biaya angkutan re latif tinggi dan biaya produk relatif mahal sehingga harga jual produk juga mahal. Lokasi perusahaan haruslah ditempatkan pada lokasi yang biaya pengangkutan atau biaya materialnya relatif murah. Per timbangan lain suatu perusahaan harus dekat dengan bahan baku, terutama bagi perusahaan yang menggunakan bahan baku yang mu dah busuk seperti industri bahan makanan, industri pengalengan, dan sebagainya.

3. Dekat dengan sarana transportasi 

Lokasi perusahaan harus dekat dengan sarana transportasi, agar hu bungan antara produsen dan konsumen di pasar, antara produsen dengan pemasok bahan baku mudah atau cepat, bila menerima bahan baku untuk diproses menjadi produk jadi dan cepat mengirim produknya baik ke pasar maupun ke pemesan, maka akan memberi kan kepuasan kepada pelanggannya. Pertimbangan tersebut, pada dasarnya, adalah agar biaya transportasi dapat ditekan serendah mungkin sehingga harga barang dapat bersaing di pasar.

4. Dekat dengan tenaga kerja yang cocok 

Tenaga kerja merupakan salah satu faktor produksi, yang mempunyai pengaruh langsung terhadap hasil produksi. Tingkat upah yang di suatu lingkungan masyarakat, harus menjadi perhitungan dalam menentukan lokasi, agar bisa disesuaikan dengan kemampuan perusahaan. Dan juga faktor kemampuan tenaga kerja di suatu lokasi produksi.

5. Sesuaikan dengan segmen masyarakat yang akan diraih

Misalnya jika ingin membuka klinik kesehatan untuk kelas menengah ke atas maka lokasi perumahan kelas menengah atas menjadi masuk akal. Atau jika ingin membuka toko bahan-bahan bangunan sebaik nya mencari lokasi perumahan yang sedang berkembang.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved