Skip to main content

Strategi Penetapan Harga untuk Penjualan Ritel

Ada tiga strategi untuk meningkatkan penjualan tanpa melakukan diskriminasi harga antara lain penetapan harga termurah atau leader pricing, penetapan lini harga atau price lining, dan penetapan harga ganjil atau odd pricing (C.W.Utami, 2006).

3 Strategi Penetapan Harga untuk Penjualan Ritel

1. Penetapan harga termurah 

Ritel menetapkan harga lebih rendah daripada harga normalnya untuk unit tertentu, hal ini dilakukan untuk meningkatkan arus lalu lin tas pelanggan atau untuk meningkatkan penjualan produk pelengkap atau komplementer. Beberapa ritel bahkan menetapkan strategi harga yang disebut loss leader yaitu menjual produk tertentu di bawah biaya yang sebenarnya, hal ini untuk membangun citra sebagai yang termurah dalam harga (price leader).

2. Penetapan lini harga

Ritel menawarkan sejumlah poin harga terbatas yang ditentukan sebelumnya dalam suatu klasifikasi. Manfaatnya bagi pelanggan dan ritel adalah menghilangkan kebingungan yang muncul dari pilihan harga ganda. Sedangkan bagi ritel strategi ini memberi fleksibilitas kepada pembeli dan dapat mengarahkan pembeli untuk beralih ke suatu model yang lebih mahal.

3. Penetapan harga ganjil

Penetapan harga ini merupakan praktik pemakaian suatu harga yang berakhir dalam jumlah atau bilangan ganjil, khususnya angka sembilan. Untuk produk yang sensitif terhadap harga, banyak ritel membulatkan ke bawah pada bilangan sembilan terdekat untuk menciptakan citra harga positif. Contohnya ritel menetapkan harga Rp49.999 yang sebenarnya dituju adalah harga Rp50.000, namun harga Rp49.999 memberi kesan lebih murah.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved