Skip to main content

Hubungan Antara Kelangkaan dengan Permintaan dan Penawaran

jelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran? 

Kelangkaan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi permintaan dan penawaran suatu barang atau jasa. Biasanya, semakin langka suatu barang atau jasa, maka permintaannya akan semakin tinggi. Namun, penawaran barang atau jasa yang langka juga biasanya akan semakin rendah, karena jumlah produksi atau pemasoknya terbatas.

Ini menyebabkan harga barang atau jasa yang langka cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan barang atau jasa yang lebih banyak tersedia. Selain itu, kelangkaan juga dapat mempengaruhi kualitas suatu barang atau jasa. Misalnya, barang atau jasa yang langka biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan barang atau jasa yang lebih banyak tersedia, sehingga permintaannya akan semakin tinggi.

Secara umum, hubungan antara kelangkaan dengan permintaan dan penawaran dapat diilustrasikan dengan menggunakan kurva permintaan dan kurva penawaran. Kurva permintaan menunjukkan hubungan antara jumlah barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan harga barang atau jasa tersebut, sedangkan kurva penawaran menunjukkan hubungan antara jumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen dengan harga barang atau jasa tersebut.

Ketika kelangkaan suatu barang atau jasa meningkat, maka kurva permintaan akan bergeser ke kanan, sedangkan kurva penawaran akan bergeser ke kiri. Ini akan menyebabkan harga barang atau jasa tersebut meningkat, karena permintaan meningkat namun penawaran berkurang. Sebaliknya, ketika kelangkaan suatu barang atau jasa menurun, maka kurva permintaan akan bergeser ke kiri, sedangkan kurva penawaran akan bergeser ke kanan. Ini akan menyebabkan harga barang atau jasa tersebut menurun, karena permintaan berkurang namun penawaran meningkat.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved