Skip to main content

Sebutkan dan Jelaskan Sosialisasi Politik Menurut Ramlan Surbakti?

Beginisob, apakah sekarang kamu sedang mencari jawaban dari pertanyaan Sebutkan dan jelaskan sosialisasi politik menurut ramlan surbakti? Beginisob jawabannya yang benar menurut para ahlinya. 

Sosialisasi politik menurut ramlan surbakti

Ramlan Surbakti (1992). Sosialisasi politik merupakan proses pembentukan sikap dan orientasi politik anggota masyarakat.

Menurut Ramlan Surbakti, sosialisasi politik dibagi dua, yaitu pendidikan politik dan indoktrinasi politik. Pendidikan politik merupakan proses dialogis di antara pemberi dan penerima pesan. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan kursus, latihan kepemimpinan, diskusi, atau keikutsertaan dalam berbagai pertemuan. Indoktrinasi politik merupakan proses sepihak ketika penguasa memobilisasi dan memanipulasi warga masyarakat untuk menerima nilai, norma, dan simbol yang dianggap oleh pihak yang berkuasa sebagai ideal dan baik.

Pada hakikatnya, sosialisasi politik menurut para ahli adalah proses dimana individu atau kelompok belajar tentang norma, nilai, dan keterampilan yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam kehidupan politik. Sosialisasi politik terjadi melalui berbagai sumber, seperti keluarga, sekolah, media, dan lingkungan sosial lainnya.

Sosialisasi politik dapat berlangsung sepanjang hidup seseorang, dan dapat mengubah pandangan, sikap, dan perilaku individu terhadap politik. Sosialisasi politik juga dapat membentuk identitas politik seseorang, yang dapat mempengaruhi pilihan politiknya di masa depan.

Sosialisasi politik di sekolah diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran politik siswa, sehingga siswa dapat menjadi warga negara yang aktif dan kritis. Sosialisasi politik di sekolah dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan mengajarkan sejarah, ilmu politik, atau dengan mengadakan diskusi politik.

Sosialisasi politik juga dapat dilakukan melalui media, seperti televisi, radio, atau internet. Media dapat memberikan informasi tentang politik, sehingga individu dapat membentuk pandangan dan sikap terhadap politik.

Secara umum sosialisasi politik merupakan proses pembentukan dan pengembangan sikap, norma, nilai serta keterampilan yang diperlukan dalam berpartisipasi dalam kehidupan politik.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved