Skip to main content

Apa yang harus dilakukan Indonesia untuk memanfaatkan lokasinya yang strategis?

Apa yang harus dilakukan Indonesia untuk memanfaatkan lokasinya yang strategis? Berbagai upaya semestinya dilakukan Indonesia untuk mengambil manfaat dari posisinya yang strategis secara optimal, di antaranya seperti berikut.

Upaya yang bisa dilakukan Indonesia untuk mengambil manfaat dari posisinya yang strategis secara optimal

Berikut ini cara memanfaatkan lokasi indonesia yang strategis:

  1. Meningkatkan konektivitas nasional dengan menghubungkan berbagai wilayah di Indonesia, sehingga dapat mengekspor hasil sumber daya alam tanpa hambatan transportasi dan komunikasi.
  2. Memanfaatkan potensi sumber daya alam dengan mengembangkan dan menggunakan teknologi, sehingga memiliki nilai tambah bagi Indonesia.
  3. Meningkatkan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengolah sumber daya alam dan menghasilkan berbagai produk industri yang dapat diterima pasar internasional.
  4. Menyiapkan infrastuktur perhubungan seperti pelabuhan dan bandara,serta kebijakan untuk kelancaran pemasaran. 
  5. Menjalin kerja sama dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara maupun kawasan lainnya untuk mengelola lalu lintas pelayaran, sehingga memberi keuntungan dalam pengembangan dan pembangunan kawasan. 
  6. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam mengelola sarana dan prasarana perhubungan, sehingga memenuhi standar pelayanan.
Begitulah upaya-upaya yang bisa dilakukan Indonesia untuk mengambil manfaat dari posisinya yang strategis secara optimal. 

Materi pelajaran buku kelas 09 SMP Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa 2018 Kurikulum 2013

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved