Skip to main content

Penyebab lampu netral motor mati

Lampu netral pada motor adalah salah satu bagian penting dari sistem kelistrikan motor yang berfungsi untuk menunjukkan posisi gigi motor saat motor dalam kondisi netral. Namun, terkadang lampu netral pada motor bisa mati atau tidak menyala saat motor dalam kondisi netral. Apa penyebab lampu netral motor mati? 

Penyebab umum lampu netral motor mati

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab lampu netral pada motor mati, di antaranya adalah:

1. Kiprok yang rusak

Kiprok adalah komponen penting dalam sistem kelistrikan motor yang berfungsi sebagai penyearah dan pembatas tegangan listrik dari spul ke aki dan sistem kelistrikan motor. Jika kiprok rusak, maka tegangan listrik yang menuju ke lampu netral bisa berlebihan atau kurang, sehingga lampu netral bisa mati. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan penggantian kiprok yang baru.

2. Spul penerangan yang error

Spul penerangan adalah komponen yang berfungsi sebagai penghasil arus listrik dari putaran mesin untuk menerangi lampu-lampu motor. Jika spul penerangan error, maka arus listrik yang menuju ke kiprok tidak sesuai standar, sehingga lampu netral bisa mati. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menggulung ulang spul atau mengganti spul yang baru.

3. Rumah lampu atau dudukan lampu yang jelek atau goyang

Rumah lampu atau dudukan lampu adalah tempat meletakkan bohlam lampu netral agar tidak bergeser atau lepas. Jika rumah lampu atau dudukan lampu jelek atau goyang, maka bohlam lampu netral bisa terganggu kontaknya dengan soket listrik, sehingga lampu netral bisa mati. Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan perbaikan atau penggantian rumah lampu atau dudukan lampu yang baru.

4. Bohlam lampu netral yang putus

Bohlam lampu netral adalah sumber cahaya yang menunjukkan posisi gigi motor. Jika bohlam lampu netral putus, maka tentu saja lampu netral tidak akan menyala. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti bohlam lampu netral yang baru.

Demikianlah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab lampu netral motor mati dan cara mengatasinya. Penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi masalah lampu netral pada motor agar dapat menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara. Selain itu, perlu juga dilakukan perawatan dan pemeriksaan rutin terhadap sistem kelistrikan motor agar dapat menghindari masalah yang tidak diinginkan. Jika Anda mengalami masalah dengan lampu netral pada motor yang tidak dapat diatasi sendiri, sebaiknya segera membawa motor ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perbaikan yang tepat dan profesional.

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved