Skip to main content

Kenapa tidak bisa screenshot di laptop

Tidak bisa melakukan screenshot di laptop bisa menjadi masalah yang cukup menjengkelkan. Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa hal ini terjadi dan berbagai solusi yang dapat dicoba untuk mengatasi kenapa laptop tidak bisa screenshot.

1. Ganti Keyboard

Salah satu alasan mengapa kamu mungkin tidak dapat melakukan screenshot di laptopmu adalah karena keyboard yang rusak. Jika tombol-tombol tertentu tidak berfungsi, termasuk tombol PrtScn (Print Screen), ini bisa menjadi indikasi bahwa keyboardmu mengalami masalah. Untuk menguji ini, cobalah meminjam keyboard eksternal atau tukar keyboard dengan teman untuk melihat apakah kamu dapat melakukan screenshot dengan baik menggunakan keyboard lain. Jika berhasil, kemungkinan besar masalahnya ada pada keyboard lamamu yang perlu diganti atau diperbaiki. 

2. Periksa F Mode atau F Lock

Beberapa keyboard modern memiliki tombol F Mode atau F Lock yang dapat mengubah fungsi tombol-tombol F1 hingga F12 menjadi fungsi lainnya. Pastikan tombol ini tidak aktif saat kamu ingin melakukan screenshot. Tombol PrtScn biasanya berada pada fungsi standar keyboard dan harus dapat digunakan tanpa harus mengaktifkan mode khusus. 

3. Gunakan Aplikasi Screenshot Bawaan Windows

Windows 10 menyediakan beberapa aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk melakukan screenshot. Beberapa di antaranya adalah:

  • Snipping Tool. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk memilih area tertentu pada layar yang ingin diambil gambar screenshotnya. Kamu dapat mengaksesnya melalui Start Menu.
  • Snip & Sketch. Ini adalah aplikasi modern yang memungkinkanmu untuk mengambil tangkapan layar dan langsung mengeditnya. Cari aplikasi ini di Start Menu atau Microsoft Store jika belum terinstal. 
  • Game Bar. Jika kamu ingin mengambil screenshot saat bermain game, kamu dapat menggunakan Game Bar dengan menekan tombol Windows + G dan memilih opsi screenshot.

4. Ubah Pengaturan Windows

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, kamu juga dapat mencoba mengubah pengaturan Windows untuk mengatasi masalah screenshot. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Start Menu Windows dan ketikkan "PrtScn" di kotak pencarian. 
  • Klik pada hasil yang muncul yang bertuliskan "Use the print screen key to launch screen snipping." 
  • Aktifkan opsi "Use the PrtScn button to open screen snipping."

Setelah mengikuti salah satu atau beberapa solusi di atas, kamu seharusnya dapat melakukan screenshot dengan lancar di laptopmu. Pastikan untuk menguji kembali setelah menerapkan setiap solusi untuk memastikan masalahnya telah teratasi.

Comments

Edukasi Terpopuler

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Pada masa kemerdekaan, masa demokrasi parlementer, dan masa demokrasi terpimpin keadaan ekonomi Indonesia cenderung memburuk. Menurut pendapatmu, apa saja yang menyebabkan buruknya perekonomian Indonesia waktu itu? Jelaskan!

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved