Skip to main content

Contoh Text Pidato Berdasarkan Kategori Informatif, Persuasif, dan Motivasi

Gunakan contoh pidato dan uraian pidato gratis ini untuk menginspirasi Anda dan membantu Anda menyusun presentasi dalam semua jenis kategori termasuk informatif, persuasif, dan berbagai acara sosial!

Catat apa yang menurut Anda menarik / menarik tentang pidato-pidato ini dan terapkan taktik yang sama untuk pekerjaan Anda sendiri. Anda juga mungkin ingin menggunakan format sebagai panduan, untuk memastikan pidato Anda mengalir dengan lancar dan logis.

Contoh Pidato berdasarkan Kategori

Saya akan sangat suka jika Anda mengirim sampel pidato gratis untuk menginspirasi orang lain yang berkunjung ke sini! Jika ini adalah sesuatu yang ingin Anda lakukan, cukup gulir ke bagian bawah halaman.

Inilah daftar "contoh pidato gratis" saya akan saya berikan - Saya harap bisa berguna untuk Anda!

Sampel Pidato Informatif

Pidato Pemanasan Global

"Begitu banyak dari kita pada hari ini menyadari ancaman dari perubahan iklim sangatlah serius, mendesak, dan terus berkembang. Respons generasi kita terhadap tantangan ini akan dinilai oleh sejarah, karena jika kita gagal mengatasinya dengan berani, cepat, dan bersama-sama. Kita akan mengambil risiko untuk generasi masa depan kedalam bencana yang tidak dapat dipulihkan. "

Ini adalah kata-kata yang digunakan Presiden Obama untuk memulai pidato pemanasan globalnya sebelum KTT PBB pada tahun 2009.

Cari Google untuk pemanasan global dan Anda akan mendapatkan hampir 65 juta halaman hasil.

Permasalahan ini telah menarik banyak perhatian. Tapi apa itu pemanasan global? Apa yang menyebabkannya? Apa dampaknya terhadap bumi dan penghuninya? Apa sajakah solusi yang mungkin? Ini adalah pertanyaan yang akan saya bahas dalam pidato singkat dan informatif hari ini.

Pemanasan global adalah peningkatan bertahap suhu atmosfer bumi dan lautan.

Selama abad yang lalu suhu rata-rata telah naik lebih dari satu derajat. Ini mungkin tidak terlihat banyak, tetapi banyak ilmuwan setuju bahwa suhu bumi mulai meningkat pada kecepatan yang lebih cepat.

Pemanasan global terjadi ketika gas rumah kaca, seperti karbon dioksida, dinitrogen oksida, dan perangkap metana memanas di dalam atmosfer bumi.

Pikirkan apa yang terjadi ketika Anda membuka pintu mobil Anda setelah jendela ditutup pada hari yang panas. Panas dari matahari memasuki mobil, tetapi rangka mobil mencegahnya keluar.

Untuk sebagian kecil, ini adalah representasi dari apa yang terjadi selama pemanasan global. Membakar bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan penebangan hutan keduanya berkontribusi pada masalah tersebut.

Pemanasan global sudah mulai mempengaruhi bumi dalam beberapa cara.

Gletser Arktik mulai mencair, mengancam kehidupan asli seperti beruang kutub. Gletser yang mencair juga menyebabkan permukaan laut naik. Ini bisa menjadi masalah bagi daerah dataran rendah seperti yang ada di Kepulauan Laut Selatan.

Temperatur samudera sudah mulai naik. Ini menyebabkan sebagian alga mati yang dapat mempengaruhi seluruh rantai makanan.

Ada beberapa cara kita dapat memerangi dampak pemanasan global. Clean Air Act of 1990 adalah hukum di Amerika Serikat yang berupaya melindungi dan meningkatkan udara dan atmosfer bumi.

Beberapa komponen undang-undang ini termasuk membatasi emisi kendaraan berbahaya dan menghapus penggunaan bahan kimia yang dapat merusak lapisan ozon.

Pada tingkat yang lebih pribadi, kita dapat bekerja untuk mencegah pemanasan global dengan menanam pohon.

Perubahan iklim dipandang sebagai ancaman serius yang mendapat perhatian serius di seluruh dunia. Semoga pidato pemanasan global ini telah membantu memberikan informasi kepada Anda tentang apa yang menyebabkannya dan dampaknya terhadap bumi. Sekarang tergantung Anda untuk memutuskan bagaimana Anda dapat membantu melakukan sesuatu tentang hal itu.

Sampel Pidato Persuasif

Pidato dengan judul Bullying

Manusia - kita dipercaya sebagai makhluk terpintar di bumi.

Manusia memiliki cara khusus kami sendiri untuk berkomunikasi dan bertindak di sekitar orang lain. Bahkan, setiap hari, kita berbicara, bertindak, dan berperilaku sehingga kata-kata dan tindakan kita memenuhi harapan primitif masyarakat.

Saya suka menganggap seluruh tubuh saya sebagai mesin kopi; hatiku biji kopi multi-warna sebelum ditumbuk; pikiran saya menyaring, dan kata-kata serta tindakan saya sebagai kopi. Dan apa yang terjadi pada biji kopi? Sebelum Anda memasukkannya ke dalam mesin, semuanya multi-warna dan spesial dengan caranya sendiri. Tetapi setelah mereka ditumbuk dan dicampur bersama, keunikan di dalam setiap kacang dikaburkan. Setelah mereka melakukan perjalanan melalui filter, semua orang dapat melihat hanyalah kopi biasa yang mereka inginkan. Tidak seorang pun akan pernah melihat kacang berwarna pelangi dalam cairan coklat gelap. Sama seperti tidak ada yang bisa melihat pikiran dan keputusan awal Anda, yang bertentangan dengan kata-kata dan tindakan Anda. Semua yang dapat dilihat dan dicicipi orang adalah produk akhir yang generik.

Mungkin Anda takut jika Anda tidak "menyaring" ide dan niat awal Anda, orang lain akan menolak atau tidak menyukai Anda. Mungkin mereka akan melihat ide dan keputusan Anda terlalu kuat atau terlalu pahit, sehingga Anda secara naluriah merasa perlu mengubah atau menyaring biji kopi Anda.

Orang-orang akan sangat terkejut jika mereka melihat biji kopi asliKU. Mereka akan terkejut ketika mereka tahu siapa saya sebenarnya.

Ketika saya di kelas 4, saya pindah ke sekolah baru. Itu adalah minggu ke-5 saya di sana ketika saya melihat seorang anak diganggu di taman bermain. Aku bermain di ayunan ketika aku mendengar pekikan dan teriakan suara dari ujung sana. Saya bertanya kepada gadis di sebelah saya tentang apa itu.

Dia seperti: "Oh, jangan khawatir tentang itu, hanya siswa kelas 6 yang mengajar anak baru di kelas kita pelajaran." Dia mengatakannya seolah semuanya begitu alami.

Dia kemudian menyeringai lalu berbisik di telingaku: "Jangan bilang siapa pun bahwa aku mengatakan ini padamu, tetapi dia memiliki penyakit!"

Saya bingung, jadi saya bertanya padanya penyakit apa yang dia miliki, dan dia mengatakan kepada saya, "Itu penyakit nano."

Dia kemudian menjelaskan bahwa itu adalah penyakit mematikan yang disebabkan oleh cacing nano yang menggigit wajah Anda, menyebabkan tanda merah permanen. Dan jika orang lain menyentuh korban atau menyentuh sesuatu yang dia sentuh sebelum 3 detik berlalu, mereka akan terinfeksi juga. Terus terang, saya sangat ingin melihat seperti apa anak itu.

Ketika saya sampai di sisi lain, saya terkejut. Saya belum pernah melihat bahwa banyak siswa berputar-putar dan bersorak tentang sesuatu. Aku meremas jalan ke tengah lingkaran, tetapi "penyakit" itu tidak ditemukan. Yang saya lihat hanyalah punggung dua atau tiga pria tinggi mengenakan seragam sekolah kami. Mereka semua sepertinya menunjuk dan berbicara dengan sesuatu di lantai. Meskipun saya tidak mengerti apa yang mereka katakan, dan saya tidak bisa melihat dengan siapa atau apa yang mereka bicarakan, asumsi saya adalah penyakit.

Kemudian saya melihat bahwa sebagian besar penonton yang lebih tua tertawa, jadi saya tertawa bersama mereka. Seolah-olah hal-hal yang dikatakan orang-orang jangkung itu lucu dalam beberapa cara. Setelah beberapa saat, saya benar-benar mulai menikmati diri saya sendiri. Perlahan-lahan orang-orang di belakang mulai bergerak ke samping. Jantungku berdegup kencang ketika aku merentangkan leher untuk melihat lingkaran dalam yang lebih baik. Aku sebenarnya berharap melihat monster yang terlihat seperti penyakit atau mungkin tiruan dari Frankenstein atau semacamnya. Tapi yang mengejutkan saya, itu hanya anak laki-laki normal.

Dia mungkin bukan orang paling bergaya yang pernah kulihat, dia mungkin punya kacamata yang terlalu besar untuk wajahnya, dia juga mungkin memiliki tanda lahir yang menutupi kurang dari sepertiga wajahnya, tetapi untuk saya, dia hanya manusia biasa. Siapa yang pantas diperlakukan seperti satu. Seringai itu menghilang dari wajahku. Saat itulah saya menyadari bahwa ini bukan permainan, ini bukan sesuatu yang lucu, ini intimidasi.

Jadi dengan kesempatan ini, saya ingin menunjukkan dan memberi tahu semua orang bahwa: Terkadang, hal-hal yang Anda lihat tentang saya hanyalah hal-hal yang saya ungkapkan. Hal-hal yang Anda pikir Anda ketahui tentang saya hanyalah hal-hal yang saya beri tahu kepada Anda. Ada lebih banyak dari saya yang belum saya ungkapkan, yang Anda sama sekali tidak tahu.

Mungkin alasan orang takut untuk mengungkapkan identitas mereka yang sebenarnya adalah karena mereka mungkin berpikir pikiran mereka terlalu pahit, tidak disukai, unik dan berbeda. Saya contoh yang bagus! Saya bisa saja mengikuti kata hati saya dan membela anak itu, tetapi sebaliknya, saya mengikuti arus dan tidak membantu orang yang membutuhkan.

Saya berharap orang-orang akan belajar dari pengalaman saya dan berhenti menyaring biji kopi unik mereka sendiri hanya untuk mengikuti arus. Harap selalu menjadi orang seperti apa Anda sebenarnya. Saya ingin memberi tahu semua orang bahwa tidak apa-apa untuk pergi ke hulu. Anda tidak harus selalu berada di posisi yang sama dengan orang lain. Dan itulah yang membuat dunia ini penuh warna.

Contoh Pidato Motivasi

Pidato Pengajuan Pengunjung pada Pengejaran Kebahagiaan

Halo semuanya, saya ingin berbicara tentang sesuatu yang begitu jelas, tetapi masih banyak dari kita yang tidak tahu arti sebenarnya dari itu. Saya mengacu pada kebahagiaan. Definisi kebahagiaan adalah keadaan kesejahteraan yang ditandai oleh emosi yang kuat seperti kegembiraan yang intens. Tetapi, bagi banyak orang, penjelasan ini agak kabur, dan itulah sebabnya mereka menciptakan interpretasi yang berbeda tentang artinya. Bagi sebagian orang, kebahagiaan sama dengan uang atau berjuang untuk negara Anda sementara yang lain mengatakan itu berasal dari mendapatkan pengetahuan atau mendapatkan posisi sosial yang lebih baik. Tetapi saya percaya bahwa kebahagiaan sejati dapat ditemukan di dalam dan kapan pun Anda menginginkannya. Kebahagiaan tidak mendapatkan penghargaan atau mendapatkan sepuluh pada ujian. Kebahagiaan ada tepat di depan Anda. Satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah membiarkan diri Anda merasakannya.

Di planet kita, ada lebih dari 1,5 juta spesies berbeda. Tetapi bagaimana jika mengatakan kepada Anda bahwa satu hal yang kita miliki bersama adalah perasaan bahagia. Tidak hanya kita semua merasakannya, tetapi kita juga membagikannya. Contoh paling umum dari kita berbagi kebahagiaan dengan spesies lain adalah ketika Anda memiliki, misalnya, seekor anjing atau kucing. Itu selalu baik bahwa ketika Anda pulang, Anda bisa berpelukan dengan mereka dan berbagi kebahagiaan. Karena kebahagiaan tidak semua tentang membuat kemajuan dalam hidup dan mencapai sesuatu yang istimewa, itu dapat ditemukan dalam semua yang Anda lakukan, dan itu membuat Anda merasa baik. Selama bertahun-tahun, ada banyak penelitian berbeda tentang apakah hewan merasakan kebahagiaan. Satu hal yang mereka temukan adalah bahwa hewan merasakan hal yang sama tetapi mengekspresikannya dengan cara yang berbeda. Misalnya, ketika seekor harimau merasa nyaman dan bahagia, ia akan menyipit atau menutup matanya karena kehilangan penglihatan berarti Anda menurunkan pertahanan Anda sementara kita sebagai manusia akan tersenyum atau tertawa.

Sekarang setelah Anda tahu bahwa kami bukan satu-satunya yang mengalami kebahagiaan, saya ingin berbicara tentang cara yang dapat Anda rasakan atau alami. Beberapa orang mencari kemuliaan, dan yang lain menginginkan kekayaan sementara yang ketiga akan pergi untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan. Saya percaya bahwa tidak satu pun dari ketiga orang ini yang benar-benar bahagia; mereka masih harus hidup dengan beban hidup yang dibawa oleh pilihan mereka. Mereka tidak merasakan kebahagiaan. Mereka merasakan kesenangan. Kesenangan hanya berlangsung untuk waktu singkat, sementara kebahagiaan ada di mana-mana, di mana Anda inginkan.

Saya tidak mengatakan bahwa tidak mungkin merasakan kebahagiaan sejati. Sebaliknya, saya mengatakan bahwa kebahagiaan ada di sekitar kita. Anda hanya perlu menemukan cara bagi diri Anda untuk merasakannya. Dalam hidup saya, ada banyak momen yang menyenangkan, mengasyikkan, dan ceria. Dan kenangan pertama saya di mana saya ingat bahwa saya benar-benar bahagia adalah ketika saya berusia sekitar lima tahun, dan saya pergi ke taman hiburan bersama keluarga saya. Kami menghabiskan sepanjang hari di taman, dan aku tidak bisa lebih bahagia. Tentu saja, saya lebih muda di sana, dan saya senang dengan segala sesuatu yang memasuki jalan saya, tetapi detail kecillah yang membuatnya sehari untuk tidak pernah lupa. Kita semua mengalami hari-hari seperti ini dan kita semua mengalami pasang surut tetapi kita masih sangat muda dan satu hal yang saya ingin Anda ingat selama sisa hidup Anda adalah bahwa kebahagiaan sejati tidak bergantung pada siapa Anda dengan atau apa yang Anda lakukan tergantung pada apakah Anda mau merasakannya.

Jadi, sebagai kesimpulan, satu hal yang telah membentuk dunia kita menjadi sesuatu yang kita kenal sekarang adalah kebahagiaan. Saya percaya bahwa kebahagiaan tersedia bagi siapa saja kapan saja di mana saja. Saya percaya bahwa kita bukan satu-satunya yang mengalaminya. Semua orang mengalaminya secara berbeda, tetapi pada akhirnya, itu sama.

Seperti yang pernah dikatakan Mahatma Gandhi:

"Kebahagiaan adalah ketika apa yang Anda pikirkan, apa yang Anda katakan, dan apa yang Anda lakukan selaras."

Terima kasih telah mendaftar ke pidato saya.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved