Langsung ke konten utama

5 Cara Mencari Ilmu Supaya Berhasil Dengan Mudah dan Cepat

Baca Juga

Ilmu merupakan bekal untuk perjalanan kita hidup didunia ini, tanpa ilmu yang memadai akan banyak persoalan hidup yang tidak bisa kita selesaikan. Tulisan kali ini saya akan membahas kiat-kiat bagaimana cara mencari ilmu supaya berhasil. Ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan, kurang lebihnya seperti berikut:

bagaimana cara mencari ilmu supaya berhasil

1. Fokus Pada Pemecahan Masalah
Sudah dijelaskan diawal bahwa tujuan kita mencari ilmu adalah untuk memecahkan berbagai masalah yang ada, sehingga ketika kita mencari ilmu maka tentukan permasalahan yang mau kitaselesaikan. Misalnya kita mau berdagang, maka ilmu yang kita cari adalah bagaimana cara berdangan yang berhasil. Pelajaran yang didapatkan akan lebih mengena dan tepat sasaran, sehingga ilmu yang didapat mudah diserap.

2. Sudah teruji dari Pengalaman
Banyak dari kita ingin sukses dengan ilmu tapi ilmu yang kita pelajari bukan dari pengalaman yang real dilapangan, maka ilmu seperti ini tingkat keberhasilannya sangat kecil. Pengalaman merupakan ilmu yang mahal, karenaa untuk mendapatkannya kita perlu jatuh bangun terlebih dahulu, sehingga untuk menghindari kegagalan maka cari ilmu yang sudah teruji dengan baik.

3. Sumber yang terpercaya
Seiring berkembangnya teknologi dan komunikasi, kita sangat mudah mendapatkan informasi dari dalam maupun luar. Tanpa adanya filter yang baik, maka ilmu yang kita dapatkan pun juga bisa jadi tidak baik. Oleh karena itu carilah ilmu dari sumber yang terpercara, yang bisa di pertanggung jawabkan, dan tentu saja yang posistif dan bermanfaat.

4. Perdalam Ilmu Agama
Kenapa ini wajib? karena ilmu agama mengajarkan keyakinan yang benar, dan dengan itu kita tau bagaimana cara memilih yang baik dan buruk sehingga tercipta filter yang baik untuk menyaring ilmu yang masuk. Karena tidak semua ilmu itu baik maka hal inilah yang mendorong kita untuk selalu memperhatikan dan teliti terhadap apa-apa yang telah dipelajari.

5. Berdoa dan Membuang fikirian Negatif
Yang terakhir adalah berdoa untuk kemudahan menerima ilmu sehingga menciptakan fikirian yang positif sehingga memudahkan ilmu untuk masuk kedalam pikiran. Dan hindari pikiran negatif seperti stres berlebihan, ini akan menyebabkan pelajaran akan susah dimengerti karena kelebihan beban terhadap pikiran.

Begitulah cara mudah mencari ilmu supaya berhasil, kesimpulan dari pembahasan ini adalah jangan berhenti untuk mencari ilmu yang benar karena tidak ada batas usia dalam kita menuntut ilmu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Komentar