Langsung ke konten utama

Contoh Interaksi Antara Dua Kelompok atau Lebih

Baca Juga

BeginiSob contoh suatu jenis tindakan yang terjadi ketika dua klompok atau lebih mempengaruhi atau memiliki efek anatra satu dan lainnya. Ide efek dua arah ini penting dalam konsep interaksi, sebagai lawan dari hubungan satu arah pada sebab akibat. Interaksi dimana kepentingan individu dalam kelompok merupakan suatu kesatuan, dan berhubungan dengan kelompok lain. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa contoh interaksi antar kelompok:

 Contoh Interaksi Antar Kelompok

1. Kelompok Siswa dari ekstra PMR dengan Siswa dari Pramuka
Contoh interaksi yang dilakukan misalnya saling melakukan hubungan interaksi sosial dalam membantu bencana alam, donor darah, pengalangan dana sosial untuk masyarakat yang membutuhkan, membatu penyuluhan.

2. Kelompok Polisi dengan TNI 
Contoh interaksinya adalah melakukkan hubungan interaksi sosial dalam memberantas kejahatan, penanggulangan bencana, menjaga ketertiban masyarakat, bersama-sama mengawal demo masyarakat supaya tidak terjadi kericuhan.

3. Kelompok ibu PKK dengan Karang Taruna
Contoh interaksi kelompoknya melakukan hubungan sosial dalam mensukseskan acara perayaan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia, melakukan penyuluhan, mensukseskan perayaan agama seperti maulid, idul kurban, buka puasa bersama.

4. Kelompok OSIS dengan Pramuka 
Contohnya melakukan hubungan interaksi sosial dalam membantu dan pengalanagan dana ke siswaan, mensukseskan acara sekolah seperti perayaan hari nasional, pawai pembangunan, budaya dan daerah.

5. Kelompok Masyarakat Tradisional dengan Mahasiswa Fakultas Pertanian
Contoh interaksi sosialnya adalah melakukan penyuluhan tentang pengolahan sumber daya alam yang benar, membantu kelompok maysarakat untuk meningkatkan produktifitas hasil bumi, bersama-sama menjaga kekayaan alam.

Begitulah 5 contoh interaksi antar dua kelompok atau lebih yang perlu kamu ketahui, kesimpulan dari pembahasan ini adalah interaksi antar kelompok bila kita manfaatkan dengan hal yang positif maka akan banyak mendapatkan manfaatnya, semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Komentar