Skip to main content

Cara Menambah Ram Lenovo Ideapad 100 14ibd

Beginisob - sedikit pengalaman saya tentang upgrade ram laptop lenovo ideapad 100 14ibd. Awalnya saya sempat ke tukang service laptop dan menanyakan harga upgrade ram. Untuk ram 2 GB harganya sekitar 200ribuan dan 4GB sekitar 400ribuan. Sebelum menayakan ketempat service laptop saya juga sempat survey harga ram di tokopedia/OLX dan saya mendapati harga yang terbilang cukup terjangkau, tapi yang jadi masalahnya saya belum tau tipe ram yang mau saya beli dan terlebih lagi saya belum pernah bongkar-bongkar leptop.

Tapi karena saya sangat membutuhkan upgrade ram untuk pekerjaan saya yang terbilang membutuhkan memory lebih banyak, jadinya mau tidak mau saya harus mengambil keputusan, upgare sendiri atau jasa tukang service!. Tentunya karena uangnya tidak cukup saya memilih upgare sendiri sebesar 2GB. Jadi total yang akan saya dapatkan ditambah ram onbord sebesar 4GB.

Saya melakukan banyak riset terlebih dahulu di internet tentang spesifikasi lenovo ideapad 100-14ibd dan cara membongkarnya. Saya dapatkan dari google, laptop ideapad 100 menggunakan ram tipe DDR3L dengan frekuensi 1600 Mhz 2GB onbord, dan 1 slot ram kosong yang bisa diisi maksimal 8GB total memory secara keseluruhan.

Untuk lebih meyakinkan saya supaya tidak salah beli, saya mencoba untuk membongkar laptop dan melihat langsung soket ramnya (cara bisa dilihat di youtube). Dan saya pun terkejut karena di atas soket ram terdapat tulisan DDR3 1.5V, ini menandakan bahwa tipe ramnya bukan DDR3L tapi yang DDR3 biasa.

Cara memasang ram di laptop ideapad 100 14ibd

Hal ini membuat keraguan yang besar untuk saya, karena ini laptop satu-satunya dan jika rusak akibat kelalaian saya maka habis sudah.

Saya terus mendalami spesifikasi laptop ini, dari situs resmi lenovo maupun banyak forum dan saya menemukan hampir semuanya menyatakan DDR3L.

Apasih perbedaan DDR3 dan DDR3L? dan apakah bisa jikalau tipe ram tidak sama dengan soketnya? Pertanyaan itu menjadi PR besar yang harus saya pecahkan.

Banyak situs telah menjelaskan problem ini, DDR3 berjalan di 1.5V tegangan, sedangkan DDR3L 1.35V. Untuk soket ram DDR3L tidak bisa dipasang ram dengan tipe DDR3 biasa, dan begitu juga sebaliknya. Banyak yang merekomendasikan bahwa untuk soket DDR3 tidak cocok untuk DDR3L karena akan menyebabkan kelebihan tegangan sebesar 0.15V dan ini akan berakibat ram bisa kelebihan panas dan konsleting. Ini yang saya temukan di google.

Tapi saya belum puas dengan sebagian besar penjelasan ini, karena saya juga menemukan sebaian kecil menyatakan untuk soket DDR3 bisa menggunkan tipe ram DDR3L untuk jenis prosesor intel i generasi ke4 keatas. Penjelasan ini lebih mengena dan tepat menurut pemikiran saya. Terlebih yang menyatakan hal itu adalah website dengan otoritas tinggi, bukan web kebanyakan yang ecek-ecek.

Untuk laptop ideapad 100 14ibd sudah menggunkan prosesor inter generasi ke 5 dan secara logika saya juga mustahil laptop generasi terbaru menggunkan tipe ram jadul/lawas.

Karena itu saya pun mengambil keputusan untuk membeli tipe ram lenovo ideapad 100 14ibd DDR3L 12800 1600Mhz SODIMM dengan harga Rp 90.000 di OLX. Ram yang saya beli ini bekas copotan laptop juga, dan karena saya beli di OLX, tentu harus ketemuan. Keuntungan yang saya dapatkan disaat ketemuan, saya bisa coba testing dulu sebelum membeli, jadi bisa diketahui work atau tidaknya.

Disaat testing tersebut, ram itu berhasil terbaca dan total ram laptop berjalan di 4GB. Itu artinya ram telah sukses terpasang dan berjalan dengan baik. Namun setelah beberapa jam pemakaian terjadi blue screen. Saya sempat kawatir, jangan-jangan betul bahwa telah terjadi kelebihan tegangan yang mengakibatkan ram menjadi panas.

Ada niatan saya mau lepas lagi ini ram karena takut akan terjadi konsleting. Tapi dalam pikiran saya, ini hal biasa karena sebelum-sebelumnya juga sering terjadi blue screen karena kelebihan beban pemakain.

Jadi saya yakinkan diri untuk bersabar dulu, menunggu blue screen yang kedua. Jika seandainya blue screen terjadi yang kedua kalinya tidak lama dari waktu blue screen yang pertama, maka ini memang penyebabnya adalah ram yang tidak cocok.

Alhasil setelah berjalannya waktu tidak ada sama sekali terjadinya blue screen yang saya khawatirkan itu. Semenjak saya menulis artikel ini, Sudah lebih dari 1 bulan pemakaian dan tidak terjadi apa-apa, Malahan laptop ini jadi bertambah cepat, ringan, dan nyaman untuk dibawa beraktifitas, Alhamdulillah.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa membantu Anda yang juga memiliki problem yang sama. Dan harus diingat jika belum punya pengalaman sama sekali dalam bongkar laptop untuk lebih berhati-hati lagi, semoga sukses.

Comments

  1. Gan laptop saya lenovo ideapad 100-IBD intel core i3 ram 2gb dan nvidia vga.
    Saya coba beli ram 4gb ddr3l. Tapi setelah saya pasang kenapa tidak kedetek ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah sudah dipastikan frekuensi ramnya sama dengan ram onbordnya? saya sarankan sebelum membeli, harus dicoba dulu gan.. karena kadang walau sudah sama frekuensinya pun banyak yang tidak kedetek.. ram yang saya beli itu bekas copotan laptop juga gan, jadi peluang berhasilnya lebih tinggi..

      Delete
    2. Sama gan laptop saya juga lenovo ideapad 100-IBD intel core i3 ram 2gb dan nvidia vga.
      tapi saya masih bingung mau tambah ram yg ddr3/ddr3L soalnya yg tertulis di laptopnya ddr3, apakah bisa klo di tambah ram yg ddr3 biasa atau pake ddr3L saja

      Delete
    3. Terimakasih bakal saya coba

      Delete
  2. Gan saya beli ram 4gb DDR3 1.5volt karena di socket ram nya 1.5volt , terus saya install ulang terbaca di cpuz , tapi di task manager dan system ram nya tidak terbaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo diliat dari soketnya memang tertulis 1.5v gan, tapi kalo dilihat dari prosesornya, untuk generasi intel ke 5 ke atas lebih baik menggunakan ddr3l.. jika tidak terbaca di system ramnya ( task manager ) kemungkinan memang ramnya tidak terdeteksi gan, jadi tidak bermanfaat untuk sistem windowsnya

      Delete
  3. Gan saya mau nanya, saya kan mau nambah ram 2gb tapi saya bingung mau pake ddr3 atau ddr3l mohon pencerahannya gan.
    ps : saya pakai laptop lenovo ideapad 100 prosesor Intel Celeron N2840

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah laptopnya jenis Lenovo Ideapad 100-14IBY? untuk tipe laptop tersebut menggukan ram dengan spesifikasi PC3-10600 1333MHz DDR3L SODIMM

      Delete
  4. gan kalo saya upgrade ram ke 8gb dan saya pakaikan vga external card kira kira okey gak ya? dan tolong saran ram 8gb yg cocok dengan lenovo ideapad yg speknya sama persis kayak laptop ente gan, terimakasihh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sekali gan, tapi sebelum beli ram 8 gb, harus di coba terlebih dahulu di laptop, takutnya salah spek, terkadang walau sudah sama speknya pun ada yg gak cocok. Tapi secara umum spek ramnya DDR3L 12800 1600Mhz SODIMM

      Delete
  5. Saya menggunakan laptop lenovo ideapad 100 mau upgrade dengan ram 8 gb tapi masih ragu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masih ragu jangan beli ram nya dulu gan, karena saya pun ragu kalo mau pasang ram 8 gb, karena ada ram onboard 2 gb, sedangkan pada laptop ini, maks upgrade 8 gb. jadi ketika kita tambahkan ram 8gb, akan menjadi 8+2(onboard) menjadi 10 gb.

      Delete
  6. Kak saya laptopnya type ideapad 100-14ib dan I3 , kira kira menggunakan ram yang mana yaa ddr3 atau ddr3L

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake yang DDR3L, karena saya juga memakai ram jenis itu untuk laptop ideaped 100 14ibd

      Delete
  7. Kak mau tanya, Saya mau upgrade RAM untuk Lenovo IdeaPad S100. Di cpu-z terbaca kalau RAM type Lenovo ini DDR 3. Tapi Saya belum sempet bongkar notebooknya. Kira-kira baiknya Saya pakai DDR3 atau DDR3L ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya, lihat dulu seri prosesornya, jika Intel generasi di atas 3 sebaiknya gunakan ddr3l. Laptop ideaped punya saya pake prosesor i3 generasi ke 5 jadi saya pake ddr3l

      Delete
  8. Saya juga punya laptop dengan tipe yang sama, pertanyaan saya jika ditambah RAM dengan kapasitas 4gb Ddr3L apa tetap bisa, dan apa tetap berjalan dengan baik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah, bisa juga dipasang ram 4 gb ddr3l

      Delete
  9. Bang saya pinya lenovo ideapad 100.
    Saya baca di web katabya max ram nya 4GB. Kalo saya pake in ram 8GB kira² bakal bermasalah ga..?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih aman pasang yang 4 gb aja gan, kalo yang 8 gb kemungkinan gak bisa, karena sudah melebihi kapasitas laptop

      Delete
  10. Saya juga punya laptop Lenovo Ideapad 100 non Nvidia card, pertanyaan saya jika ditambah RAM dengan kapasitas 4gb Ddr3L dan total keseluruhan menjadi 6gb ram apa tetap bisa/kedetect dan apa tetap berjalan dengan baik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa 4 gb dan berjalan dengan baik, sebelum membeli pastikan terlebih dahulu jenis ram nya, karena tidak semua jenis ddr3l dapat di gunakan.

      Delete
  11. Kak laptop lenovo Ideapad 100 core i3 gen 5 Nvidia GeForce ram 2, itu bisa di upgrade gk ram nya jadi 6gb/8gb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih aman nambah ram ddr3l 4gb, jadi total ramnya menjadi 6gb.

      Delete
  12. Gan, lenovo ideapad 100 14IBD core i3 gen5 nvidia geforce dan 2gb onboard ram, kalo nambah ram tipe lengkapnya apa? Karena setau saya jika ram laptop tidak sama ukuran kapasitas nanti hanya ukuran kecil yg terbaca dan terpakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbeda dengan motherboard pc yang setiap slotnya harus dipasang ram dengan ukuran dan jenis yang sama, kalo laptop, slot nya cuma satu, dan bisa dipasang sampe max keseluruhan ram 8gb, asalkan jenis ram nya sama

      Delete
  13. Kan bawaan cuma 2gb kalo additionalnya 4gb apakah aman?

    ReplyDelete

Post a Comment

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved