Skip to main content

Penyebab Kegagalan Pemijahan Ikan Cupang

Hallo para penghobi ikan cupang yang berbahagia, kali ini saya akan membahas tentang budidaya ikan cupang. Pada tahap pemijahan terkadang banyak breeder yang gagal, tidak kunjung bertelur atau malah betinanya luka-luka sehingga menyebabkan kematian. Apa sih Penyebab Kegagalan Pemijahan Ikan Cupang? ada beberapa faktor yang menjadi penyebab gagalnya breeding ikan cupang. Mari simak penjelasan berikut ini.

Faktor Penyebab Kegagalan Pemijahan Ikan Cupang

Pemijahan ikan sangat cukup sederhana dan mudah untuk dikerjakan, namun terkadang terjadi kegagalan dan ikan cupang tidak kunjung melakukan perkawinan lebih dari 3 hari. Mengapa hal itu bisa terjadi? berikut ini penyebabnya.
  • Ikan cupang yang terkena penyakit. penyakit ikan cupang banyak jenisnya, contoh white spot, valvet, swim blader, stres, sisik nanas, dan lain lain. Semua penyakit ikan cupang ini bisa memberi dampak yang buruk bagi pemijahan. 
  • Ikan cupang betina belum siap kawin, yang di tandai belum penuhnya kantung telur pada bagian perut ikan cupang female.
  • Wadah pemijahan yang terlalu luas, sehingga menyulitkan proses perkawinan.
  • Gangguan dari luar maupun dari dalam, seperti getaran, arus air, glombang, angin, dll, yang menyebabkan ikan menjadi stres dan kesulitan membuat gelembung udara karena keadaan air dan lingkungan yang tidak memungkinkan.
  • luka yang terlalu dalam akibat serangan dari pejantan kepada betina, biasanya terjadi karena tidak terlebih dahulu di lakukan penjodohan.
  • Ukuran betina yang lebih besar dari pejantan, bisa menyebabkan kekalahan pada jantan dan otomatis perkawinan tidak akan terjadi.
Dari faktor penyebab kegagalan tersebut bisa kita dapatkan banyak pelajaran untuk menjadi sukses dalam usaha pemijahan ikan cupang, tidak hanya terfokus pada satu faktor saja, kita juga bisa mendapatkan faktor dari banyak hal. Semoga  Penyebab Kegagalan Pemijahan Ikan Cupang bisa bermanfaat untuk pembaca yang budiman. Trimakasih atas kunjungannya semua.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved