Langsung ke konten utama

Pakan Ayam Joper agar Cepat Besar dan Sehat

Baca Juga

Hingga saat ini belum ada pabrikan pakan yang khusus memproduksi pakan untuk ayam buras. Apabila ada maka biasanya hanya melayani wilayah tertentu karena kapasitas produksinya belum besan Pakan untuk pembesaran ayam joper dapat menggunakan pakan pabrikan yang diproduksi untuk ayam ras pedaging. Paguyuban ternak yang bermitra dengan penulis misalkan selama ini menggunakan pakan pabrikan berupa pakan broiler starter dan finisher dari PT East Hope. 

Pakan Pabrikan Starter dan Finisher

Selain menggunakan pakan pabrikan full sejak DOC sampai dengan ayam dipanen pakan pabrikan yang umumnya memiliki kadar protein 21-23% dapat diberikan sejak DOC-usia ayam 3 minggu. Tujuannya untuk membentuk pertumbuhan tubuh DOC dan organ-organ dalam yang baik karena pada pakan pabrikan sudah tersedia semua nutrien yang dibutuhkan anak ayam.

Selanjutnya, setelah usia 3 minggu dapat diberikan pakan racikan sendiri dengan komposisi dan kandungan yang disesuaikan dengan kebutuhan ayam Berikut ini tabel kebutuhan gizi ayam buras secara umum yang mirip dengan kebutuhan zat gizi ayam Joper dan tabel formulasi pakan ayam buras yang dapat diaplikasikan pada ayam Joper mulai umur 3 minggu ke atas. 

TABEL 1. KEBUTUHAN ZAT-ZAT GIZI AYAM BURAS PEDAGING

TABEL 2. CONTOH KOMPOSISI RANSUM PERTUMBUHAN UNTUK AYAM JOPE


Catatan: sangat disarankan dalam setiap kg ransum ditambah 25 gram serbuk Coccidiosat herbal formula Badan Litbang Pertanian. 
Sumber: Ayam Kampung Joper Panen 60 Hari. Tony Suryanto , Rony Kurniawan, S.S., M.Pd. Penebar Swadaya Grup. 

Komentar