Skip to main content

Cara Budidaya Beronang Tulis di Jaring Kurung Dasar (JKD)

Benih beronang tulis untuk budi daya ditangkap di alam dan dan pembenihan di hatchri. Benih beronang tulis ditangkap di muara sungai, sekitar hutan mangrove dan gosong-gosong karang. Penangkapan benih beronang di alam dilakukan pada siang hari maupun malam hari. Benih beronang hidup bergerombol dalam jumlah yang besar. 

Pemeliharaan Beronang Tulis di JKD

Betonang tulis dapat dipelihara di jaring kurung dasar (KD), baik secara monokultur maupun polikultur. Untuk monokultur, beronang tulis ditebar dengan kepadatan 5-10 ekor/m3 untuk benih ukuran 8-20 gr/ekor, sedangkan bila dipolikultur cukup 1-3 ekor/m3.

Salah satu biota yang dapat dipolikultur dengan beronang tulis adalah rajungan (Portunus sp) dan rajungan merupakan komoditas utama. 

Padat penebaran untuk polikultur rajungan dan beronang tulis adalah benih rajungan berumur 25-30 hari ditebar dengan kepadatan 3-7 ekor/m3 sedangkan beronang tulis berukuran 8-20 gr/ekor ditebar dengan kepadatan 1-3 ekor/m3. 

Pakan berupa ikan-ikan rucah, daging kerang atau pelet diberikan kepada rajungan secukupnya, dan diberikan pada pagi dan sore hari. Jumlah pakan yang diberikan kepada rajungan adalah 5-10% dari berat biomassa. 

Sementara beronang tulis dapat memanfaatkan pakan alami di dalam JKD. Jika ingin mempercepat pertumbuhan beronang tulis, maka dapat diberi kan pakan tambahan 2-3 hari sekali. Pakan tambahan yang diberikan berupa pelet, rumput laut, dan klekap.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved