Skip to main content

Ruang lingkup humas! Berikut penjelasannya

Jelaskan ruang lingkup humas! Hubungan masyarakat (Humas) dilakukan oleh perusahaan dengan berbagai pihak seperti karyawan, pemegang saham, pelanggan, distributor, perusahaan sejenis, masyarakat sekitar, dan media massa. Penjelasan lebih lanjut simak pembahasan berikut. 

1. Humas dengan seluruh karyawan

Humas perlu dimulai dari dalam perusahaan, yaitu dengan mengadakan hubungan yang baik dengan seluruh karyawan. Hubungan ini perlu terus dibina karena dengan disadari atau tidak, sebenarnya humas telah dilakukan oleh para karyawan, dari tingkat atassampai tingkat bawah.

2. Humas dengan pemegang saham 

Para pemegang saham mempunyai peran yang sangat penting bagi perusahaan. Di sinilah humas berperan besar dalam menjalin hubungan yang baik dan saling menguntungkan dengan para pemegang saham. Humas dengan para pemegang saham dapat dilakukan dengan melakukan kontak pribadi langsung (melalui telepon atau pertemuan/rapat) ataupun tidak langsung (melalui surat-menyurat, surat kabar, pengumuman, atau iklan) dan memberikan layanan yang terbaik.

3. Humas dengan pelanggan

Hal-hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan adalah sebagai berikut.

  • Melakukan penelitian/riset pasar untuk mengetahui keinginan para pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyebar angket berisi pertanyaan yang berkaitan dengan produk-produk perusahaan.
  • Membuat kebijakan-kebijakan yang dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan keinginan para pelanggan.
  • Mengadakan kontak langsung dengan pelanggan dengan melakukan survei ke rumah pelanggan atau wawancara langsung dengan pelanggan. 
  • Menciptakan sense of belonging atau rasa saling memiliki kepada pemimpin,karyawan, serta pelanggan terhadap perusahaan.

4. Humas dengan para distributor

Perusahaan harus dapat menciptakan hubungan yang baik dengan para distributor yang menjadi perantara dalam penyaluran dan pendistribusian hasil produksinya secara langsung ke konsumen.

5. Humas dengan perusahaan yang sejenis

Perusahaan perlu melakukan humas dengan perusahaan yang sejenis. Hal ini untuk mengantisipasi keadaan yang tidak diinginkan, seperti peraturan-peraturan/keputusan keputusan pemerintah/organisasi lainnya atau tuntutan-tuntutan karyawan yang merugikan/mengancam perusahaan.

6. Humas dengan masyarakat sekitar

Humas dengan masyarakat sekitar penting untuk diciptakan dan dibina dengan baik. Hal ini agar perusahan mendapatkan dukungan dan pengertian dari masyarakat sekitar lokasi perusahaan. Perusahaan dapat mengadakan kunjungan langsung ke masyarakat menemui para tokoh agama atau tokoh masyarakat setempat, memberikan prioritas pelayanan, memberikan pengobatan gratis, atau memberikan berbagai fasilitas terhadap masyarakat sekitar.

7. Humas dengan media massa/pers

Menjalin hubungan baik dengan media massa sangat penting untuk dilakukan karena media massa mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam membentuk opini publik dalam waktu singkat. Sebagai contoh seorang pelanggan mengalami kekecewaan terhadap pelayanan suatu maskapai penerbangan, kemudian ia membuat pengaduan (blow up) di salah satu surat kabar ternama. Hal ini dapat membahayakan eksistensi (keberadaan) maskapai penerbangan tersebut karena jika ada pembaca lain yang membaca pengaduan tersebut, tentu dapat menurunkan omzet penjualan tiket dari maskapai penerbangan tersebut. Di sinilah humas berperan penting dalam menyelesaikan masalah tersebut sebaik mungkin.

Modul Menerapkan Prinsip-prinsip Kerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan untuk SMK dan MAK. 

Bidang Studi Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Studi Keahlian Administrasi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. 

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved