Skip to main content

Mengidentifikasikan ciri-ciri yang membedakan operasi jasa dari produksi barang dan jelaskan perbedaan utama dalam fokus jasa

Mengidentifikasikan ciri-ciri yang membedakan operasi jasa dari produksi barang dan jelaskan perbedaan utama dalam fokus jasa.

Baik operasi jasa maupun pabrikasi mengubah bahan mentah menjadi produk jadi. Dalam produksi jasa, bahan mentahnya adalah orang yang memiliki kebutuhan yang tak terpuaskan ataupun pemilikan yang membutuhkan beberapa bentuk perawatan atau pergantian. 

Dengan demikian "produk jadi" adalah orang yang kebutuhannya terpenuhi dan kepemilikannya dilayani. 

Fokus operasi jasa itu berbeda dari fokus produksi barang dalam lima hal: 

  • (1) Fokus pada kinerja: Karena barang diproduksi dan jasa dilaksanakan, kinerja yang berorientasi pelanggan itu penting pada perusahaan jasa. 
  • (2) Fokus pada proses dan hasil akhir: Karena kebanyakan produk jasa adalah kombinasi dari barang dan jasa, jasa berfokus pada baik tranformasi proses maupun hasil akhir-nya. 
  • (3) Fokus pada karakteristik jasa: Transaksi jasa mencerminkan tiga kualitas kunci dari produk-produk jasa: (i) Tak berwujud: Karena jasa biasanya tidak dapat disentuh, dirasa, dibaui, atau dilihat, mereka memberikan nilai tak berwujud yang dialami sebagai kenyamanan, kepuasan, atau rasa aman. (ii) Sifat Dapat Sesuaikan: Setiap pelanggan mengharapkan jasa dirancang (disesuaikan) dengan kebutuhan khususnya. (ii) Tidak bisa disimpan: Karena banyak jasa tidak dapat diproduksi lama sebelumnya dan kemudian disimpan, maka tingkat tidak dapat tersimpannya jasa memang tinggi.
  • (4) Fokus pada hubungan jasa-pelanggan: Karena operasi jasa sering mengakui pelanggan sebagai bagian dari proses, para pelanggan dapat secara langsung memengaruhi proses itu. 
  • (5) Fokus pada pertimbangan mutu layanan: Pemberi jasa tahu bahwa mutu kerja dan mutu jasa tidak selalu merupakan hal yang sama (sebuah mobil yang diperbaiki secara tepat adalah hal yang berbeda dari mendapatkannya kembali bila Anda membutuhkannya.)

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved