Skip to main content

Jelaskan Permasalahan yg Muncul dalam Keberagaman Ekonomi

Kebudayaan, agama, ras, dan latar belakang ekonomi merupakan beberapa faktor yang dapat menyebabkan keberagaman ekonomi di suatu negara. Keberagaman ekonomi dapat terjadi karena adanya perbedaan tingkat pembangunan ekonomi antar wilayah atau kelompok masyarakat di suatu negara.

Permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi adalah

1. Ketimpangan ekonomi: keberagaman ekonomi dapat menyebabkan terjadinya ketimpangan ekonomi di suatu negara, di mana sebagian kelompok masyarakat memiliki penghasilan yang lebih tinggi dan memiliki akses yang lebih luas terhadap peluang ekonomi dibandingkan kelompok masyarakat lainnya.

2. kesenjangan pembangunan: keberagaman ekonomi juga dapat menyebabkan terjadinya kesenjangan pembangunan antar wilayah atau kelompok masyarakat di suatu negara. Beberapa wilayah atau kelompok masyarakat mungkin memiliki tingkat pembangunan yang lebih tinggi dibandingkan wilayah atau kelompok masyarakat lainnya.

3. masalah sosial: keberagaman ekonomi dapat menyebabkan terjadinya masalah sosial di suatu negara, seperti kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan dalam akses terhadap pendidikan dan pelayanan kesehatan.

Untuk mengatasi permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi, diperlukan tindakan nyata dari pemerintah dan masyarakat, seperti pemberian bantuan sosial bagi kelompok masyarakat yang kurang mampu, pembangunan infrastruktur di wilayah-wilayah terpencil, dan pemberian peluang yang sama bagi semua kelompok masyarakat untuk mengembangkan usaha ekonomi.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved