Skip to main content

Perbedaan Tugas Pokok Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung adalah

Beginisob, jika sekarang kamu sedang bertanya-tanya tentang Jelaskan perbedaan tugas pokok mahkamah konstitusi dan mahkamah agung? Beginisob jawabannya. 

Perbedaannya adalah

Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung adalah dua institusi yang berbeda dalam sistem peradilan di Indonesia. Kedua mahkamah ini memiliki tugas dan peran yang berbeda dalam menegakkan hukum dan melindungi hak-hak warga negara.

Mahkamah Konstitusi adalah mahkamah yang bertugas untuk mengawasi dan mengevaluasi apakah undang-undang yang diterbitkan oleh pemerintah sesuai dengan UUD 1945. Mahkamah Konstitusi juga dapat menerima dan mengadili permohonan untuk menguji undang-undang yang dianggap melanggar UUD 1945.

Sementara itu, Mahkamah Agung adalah mahkamah yang bertugas untuk menyelesaikan perkara-perkara yang diajukan kepadanya. Mahkamah Agung juga memiliki kewenangan untuk mengawasi dan mengevaluasi putusan yang dikeluarkan oleh pengadilan-pengadilan di bawahnya.

Secara ringkas, tugas pokok Mahkamah Konstitusi adalah mengawasi dan mengevaluasi undang-undang sesuai dengan UUD 1945, serta mengadili permohonan untuk menguji undang-undang yang dianggap melanggar UUD 1945. Sedangkan tugas pokok Mahkamah Agung adalah menyelesaikan perkara-perkara yang diajukan kepadanya dan mengawasi putusan yang dikeluarkan oleh pengadilan di bawahnya.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved