Skip to main content

Aneka Olahan Takjil Buka Puasa yang Paling Banyak Diminati

Pada saat bulan Ramadan tiba, banyak masyarakat Indonesia yang antusias untuk mencari takjil buka puasa yang beraneka ragam dan lezat. Takjil adalah makanan kecil yang biasanya disantap ketika berbuka puasa dan menjadi salah satu tradisi Ramadan yang terus dilestarikan hingga saat ini. Takjil mempunyai beragam jenis dan varian, yang mana setiap daerah atau suku bangsa memiliki takjil khasnya masing-masing. Apa saja aneka olahan takjil buka puasa yang paling banyak di cari? 

Aneka olahan takjil buka puasa yang paling populer

Ada banyak jenis takjil yang bisa dipilih, mulai dari yang manis, gurih, hingga segar dan menyehatkan. Namun, ada beberapa takjil buka puasa yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, seperti manisan kolang-kaling, martabak tahu, es cincau hitam biji selasih, pisang cokelat lumer, dan kolak pisang.

1. Manisan kolang-kaling

Manisan kolang-kaling adalah salah satu takjil yang sering disajikan pada saat berbuka puasa. Buah kolang-kaling adalah buah yang kaya akan manfaat kesehatan, seperti mencegah dehidrasi, melancarkan pencernaan, dan mencegah penuaan dini. Untuk membuat manisan kolang-kaling, kita bisa merebus buah kolang-kaling dengan sirop melon atau cocopandan dan daun pandan.

2. Martabak tahu

Martabak tahu adalah salah satu takjil buka puasa yang cukup populer di Indonesia. Martabak tahu terbuat dari adonan tahu, telur, daun bawang, dan bumbu-bumbu yang diisi ke dalam kulit lumpia lalu digoreng hingga kuning kecoklatan. Takjil ini biasanya disajikan dengan saus cuka atau saus sambal, sehingga memberikan sensasi rasa yang unik di lidah.

3. Es cincau hitam biji selasih

Es cincau hitam biji selasih adalah takjil buka puasa yang sangat segar dan menyehatkan. Takjil ini terbuat dari cincau hitam, biji selasih, gula merah cair, santan, dan es batu. Cincau hitam dan biji selasih kaya akan manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Pisang cokelat lumer

Pisang cokelat lumer juga merupakan takjil buka puasa yang cukup populer di Indonesia. Takjil ini terbuat dari pisang goreng yang ditusuk tusukan sate, kemudian disiram dengan cokelat leleh dan ditaburi keju parut atau meses. Pisang cokelat lumer memiliki rasa yang manis dan lezat, sehingga cocok disantap ketika berbuka puasa.

5. Kolak pisang

Kolak pisang juga merupakan salah satu takjil yang populer di Indonesia. Takjil ini terbuat dari pisang yang direbus dengan air, gula merah, garam, dan daun pandan. Ditambah dengan santan dan dimasak hingga mendidih. Kolak pisang memiliki rasa yang manis dan gurih, sehingga cocok disantap sebagai takjil buka puasa.

Tak hanya itu, masih ada banyak lagi takjil buka puasa yang enak dan menyegarkan, seperti es pisang ijo, lupis, biji salak ungu, es jelly mangga, es dawet istimewa, es doger segar, es kelapa muda jeruk, kurma, puding, aneka kue, biskuit, gorengan, dan masih banyak lagi.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved