Skip to main content

Contoh Etika Moral dan Akhlak dalam Kehidupan Sehari hari

Contoh etika moral dan akhlak dalam kehidupan sehari hari kita menyadari bahwa etika, moral dan akhlak bangsa saat ini terutama remajanya sangat memprihatinkan sehingga kita harus memfokuskan untuk membahas secara mendalam tentang realistis akhlak yang menjadi fenomena dikalangan remaja bangsa kita pada umumnya sesuai dengan norma pada khususnya. Artikel ini akan membahas  pengertian dari etika, moral dan akhlak beserta contoh-contohnya.

Pengertian dan Contoh Etika dalam Kehidupan Sehari hari

Dari segi etimologi (ilmu asal usul kata), etika berasal dari bahasa yunani,”ethos” yang berarti watak kesusilaan atau adat. Sedangkan dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral). Etika menurut filasafat dapat disebut sebagai ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran. Berikut ini contoh etika dalam keseharian kita.

contoh etika

1. Contoh Etika Bergaul dengan orang lain

Hormati perasaan orang lain, tidak mencoba menghina atau menilai mereka cacat. Jaga dan perhatikanlah kondisi orang, kenalilah karakter dan akhlaq mereka, lalu pergaulilah mereka, masing-masing menurut apa yang sepantasnya. Contoh Etika Bergaul dengan orang lain Mendudukkan orang lain pada kedudukannya dan masing-masing dari mereka diberi hak dan dihargai. Perhatikanlah mereka, kenalilah keadaan dan kondisi mereka, dan tanyakanlah keadaan mereka.

Bermuka manis dan senyumlah bila anda bertemu orang lain. Berbicaralah kepada mereka sesuai dengan kemampuan akal mereka. Berbaik sangkalah kepada orang lain dan jangan memata-matai mereka. Mema`afkan kekeliruan mereka dan jangan mencari-cari kesalahankesalahannya dan tahanlah rasa benci terhadap mereka. Dengarkanlah pembicaraan mereka dan hindarilah perdebatan dan bantah membantah dengan mereka.

2. Contoh Etika Di Jalan 

Berjalan dengan sikap wajar dan tawadlu, tidak berlagak sombong di saat berjalan atau mengangkat kepala karena sombong atau mengalihkan wajah dari orang lain karena takabbur. · Memelihara pandangan mata, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Contoh Etika Di Jalan tidak mengganggu, yaitu tidak membuang kotoran, sisa makanan di jalan-jalan manusia, dan tidak buang air besar atau kecil di situ atau di tempat yang dijadikan tempat mereka bernaung.

Menjawab salam orang yang dikenal ataupun yang tidak dikenal. Beramar ma`ruf dan nahi munkar. Ini juga wajib dilakukan oleh setiap muslim, masing-masing sesuai kemampuannya. Menunjukkan orang yang tersesat (salah jalan), memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan dan menegur orang yang berbuat keliru serta membela orang yang teraniaya. Perempuan hendaknya berjalan di pinggir jalan.

3. Contoh Etika Makan dan Minum

Berupaya untuk mencari makanan yang halal. Hendaklah makan dan minum yang kamu lakukan diniatkan dengan ibadah, agar kamu mendapat kebaikan dari makan dan minummu itu. Mencuci tangan sebelum makan jika tangan kamu kotor, dan begitu juga setelah makan untuk menghilangkan bekas makanan yang ada di tanganmu. Kamu puas dan rela dengan makanan dan minuman yang ada, dan jangan sekali-kali mencelanya.

Jangan makan sambil bersandar atau dalam keadaan menyungkur. Contoh etika makan dan minum memulainya dengan membaca Bismillah. Makan dengan tangan kanan dan dimulai dari yang ada di depanmu. Makan dengan tiga jari dan menjilati jari-jari itu sesudahnya. Tidak meniup makan yang masih panas atau bernafas di saat minum. Tidak berlebih-lebihan di dalam makan dan minum, pemilik makanan (tuan rumah) tidak melihat ke muka orang-orang yang sedang makan, namun seharusnya ia menundukkan pandangan matanya, karena hal tersebut dapat menyakiti perasaan mereka dan membuat mereka menjadi malu.

Tidak memulai makan atau minum sedangkan di dalam majlis ada orang yang lebih berhak memulai, baik kerena ia lebih tua atau mempunyai kedudukan, karena hal tersebut bertentangan dengan etika. · Jangan sekali-kali kamu melakukan perbuatan yang orang lain bisa merasa jijik, seperti mengirapkan tangan di bejana, atau kamu mendekatkan kepalamu kepada tempat makanan di saat makan, atau berbicara dengan nada-nada yang mengandung makna kotor dan menjijik-kan. Jangan minum langsung dari bibir bejana.

4. Contoh Etika Berbicara

Hendaknya pembicaran selalu di dalam kebaikan. Pembicaran dengan suara yang dapat didengar, tidak terlalu keras dan tidak pula terlalu rendah, ungkapannya jelas dapat difahami oleh semua orang dan tidak dibuat-buat atau dipaksa-paksakan. Jangan membicarakan sesuatu yang tidak berguna bagimu. Janganlah kamu membicarakan semua apa yang kamu dengar. Menghindari perdebatan dan saling membantah, sekali-pun kamu berada di pihak yang benar dan menjauhi perkataan dusta sekalipun bercanda.

Tenang dalam berbicara dan tidak tergesa-gesa, menghindari perkataan buruk, menghindari sikap memaksakan diri dan banyak bicara di dalam berbicara. Menghindari perbuatan menggunjing dan mengadu domba. Mendengarkan pembicaraan orang lain dengan baik dan tidak memotongnya, juga tidak menampakkan bahwa kamu mengetahui apa yang dibicarakannya, contoh etika berbicara tidak menganggap rendah pendapatnya atau mendustakannya.

Jangan memonopoli dalam berbicara, tetapi berikanlah kesempatan kepada orang lain untuk berbicara. Menghindari perkataan kasar, keras dan ucapan yang menyakitkan perasaan dan tidak mencari-cari kesalahan pembicaraan orang lain dan kekeliruannya, karena hal tersebut dapat mengundang kebencian, permusuhan dan pertentangan. Menghindari sikap mengejek, memperolok-olok dan memandang rendah orang yang berbicara.

5. Contoh Etika Bertetangga

Menghormati tetangga dan berprilaku baik terhadap mereka, bangunan yang kita bangun jangan mengganggu tetangga kita, tidak membuat mereka tertutup dari sinar mata hari atau udara, dan kita tidak boleh melampaui batasnya, apakah merusak atau mengubah miliknya, karena hal tersebut menyakiti perasaannya. Kita memelihara hak-haknya di saat mereka tidak di rumah, Kita jaga harta dan kehormatan mereka dari tangan-tangan orang lain dan hendaknya kita ulurkan tangan bantuan dan pertolongan kepada mereka yang membutuhkan, serta memalingkan mata kita dari wanita mereka dan merahasiakan aib mereka.

Tidak melakukan suatu kegaduhan yang mengganggu mereka, seperti suara radio atau TV, atau mengganggu mereka dengan melempari halaman mereka dengan kotoran, atau menutup jalan bagi mereka. Contoh etika bertetangga jangan kikir untuk memberikan nasihat dan saran kepada mereka, dan seharusnya kita ajak mereka berbuat yang baik dengan bijaksana (hikmah) dan nasihat baik tanpa maksud menjatuhkan atau menjelek-jelekkan mereka. Selalu memberikan makanan kepada tetangga kita, turut bersuka cita di dalam kebahagiaan mereka dan berduka cita di dalam duka mereka. Kita jenguk bila ia sakit, kita tanyakan apabila ia tidak ada, bersikap baik bila menjumpainya; dan hendaknya kita undang untuk sayang kepada kita. Hendaknya kita tidak mencari-cari kesalahan/kekeliruan mereka dan jangan pula bahagia bila mereka keliru, bahkan seharusnya kita tidak memandang kekeliruan dan kealpaan mereka, sabar atas prilaku kurang baik mereka terhadap kita.

Pengertian dan Contoh Moral dalam Keseharian

Secara kebahasaan perkataan moral berasal dari ungkapan bahasa latin moresyang merupakan bentuk jamak dari perkataan mos yang berarti adat kebiasaan. Dalam kamus umum bahasa Indonesia dikatakan bahwa moral adalah penetuan baik buruk terhadap perbuatan dan kelakuan. Istilah moral biasanya dipergunakan untuk menentukan batas-batas suatu perbuatan, kelakuan, sifat dan perangkai dinyatakan benar, salah, baik, buruk,layak atau tidak layak,patut maupun tidak patut.

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa moral merupakan suatu keharusan yang dilakukan sesuai nilai dan moral yang sudah mendarah daging dalam masyarakat tersebut. Dalam kehidupan sehari hari tidak sedikit pula penyimpangan penyimpangan sosial yang terjadi. Penyimpangan tersebut merupakan salah satu bentuk dari ketidak sesuaian dengan nilai dan norma yang ada sehingga menyalahi norma. Namun ada juga perilaku yang sesuai dengan nilai dan norma yang ada dan merupakan contoh moral baik sebagai berikut ini.

contoh moral

1. Membuang Sampah pada Tempatnya

Perilaku ini sebenarnya adalah perilaku yang mudah dan dapat dilakukan tanpa memberikan dampat negative kepada yang melakukannya. Namun dengan tidak melakukan hal ini malah mandatangkan sesuatu yang negative terhadap orang tersebut dan lingkungan. Misalnya saja banjir yang disebabkan karena banyaknya sampah yang dibuang sembarangan.

2. Menaati Peraturan yang ada 

Peraturan dibuat untuk ditaati dan bukan untuk dilanggar karena peraturan memanglah suatu hal yang dibuat secara khusus untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. Contoh moral misalnya saja mentaati peraturan lalu lintas agar tidak kecelakaan di jalan.

3. Menjalankan Perintah Agama sesuai yang dianut

Dalam agama juga memilki aturan yang dibuat oleh tuhan masing masing. Agar menjadi orang yang bermoral seharusnya mengindahkan peraturan tersebut karena kebanyakan dari peraturan agama adalah baik untuk dilaksanakan.

4. Menghormati dan Menerapkan sikap sopan santun

Sopan santun sudah merupakan kearifan local yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Maka dari itu harus selaku dilestarikand dengan melakukannya. Sikap sopan santun ini juga termasuk suatu nilai nilai yang ada dalam masyarakat Indonesia. Sehingga apa bila tidak melaksanakannya berarti tidak memilikim moral yang baik.

5. Tidak membuat kerusuhan

Kerusuhan adalah keadaan dimana terjadi kekacauan dalam masyarakat. Kerusuhan juga dapat diartikan kondisi dimana nilai dan norma yang ada tidak berfungsi. Maka dari itu contoh moral untuk menjaga lingkungan tetap tentram adalah kewajiban dari setiap individu dalam masyarakat.

Pengertian dan Contoh Akhlah yang Baik

Akhlak adalah perangai yang melekat pada diri seseorang yangdapat memunculkan perbuatan baik tanpa mempertimbangkan pikiran terlebih dahulu. Sedangkan sebagaian ulama yang lain mengatakan akhlak itu adalah suatu sifat yang tertanam didalam jiwa seseorang dan sifat itu akan timbul disetiap ia bertindak tanpa merasa sulit (timbul dengan mudah) karena sudah menjadi budaya sehari-hari.
Tentunya banyak sekali contoh-contoh akhlak yang baik didalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita aplikasikan, tidak harus kesemuanya dilakukan walaupun tentunya itu baik sekali, kita bisa melakukan setidaknya satu kebaiakan setiap harinya namun istiqomah alias konsisten secara terus menerus. Kamu siap melakukan kebaikana setiap harinya? Tentunya akan banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari berbuat kebaikan.

Contoh Akhlak Yang Baik

Contoh Akhlak Yang Baik Dalam Kehidupan Sehari-hari
  1. Menghormati orang yang lebih tua. 
  2. Menghargai orang yang lebih muda. 
  3. Berkata lemah lembut kepada orang tua. Memberikan hadiah kepada orang lain. 
  4. Menjenguk teman yang sedang sakit.
  5. Bersedekah dikala lapang dan sempit. 
  6. Memberi makan orang yang kelaparan. 
  7. Memberi kepada orang yang membutuhkan. 
  8. Membuah sampah pada tempatnya. 
  9. Berlaku adil kepada setiap orang. 
Dan tentunya masih banyak contoh-contoh lainnya dari akhlak mahmudah. Semoga tulisan yang singkat ini Contoh Etika Moral dan Akhlak dalam Kehidupan Sehari hari bisa memberikan manfaat kepada kalian semua para pembaca yang budiman. Terima kasih atas kunjungannya semua.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved