Langsung ke konten utama

Bedakan antara pemantulan bunyi di dalam ruangan kosong dengan pemantulan suara ketika berteriak pada dinding tebing!

Baca Juga

Bedakan antara pemantulan bunyi di dalam ruangan kosong dengan pemantulan suara ketika berteriak pada dinding tebing! - Hallo para pelajar yang berbahagia, Beginisob pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan perbedaan antara pantulan bunyi. Materi yang akan kami bagikan ini merupakan pelajaran IPA, cukup menarik bukan? Jika iya, mari kita lanjut!.

Judul pembahasan kali ini adalah Bedakan antara pemantulan bunyi di ruangan kosong dengan suara ketika berteriak pada dinding tebing! yang bisa kamu pelajari disini Bedakan antara pemantulan bunyi di ruangan kosong dengan suara ketika berteriak pada dinding tebing!. Kamu juga bisa mendapatkan materi pelajaran menarik lainnya yang tidak kalah bermanfaatnya disini.

Jika bunyi dapat dipantulkan, bedakan antara pemantulan bunyi di dalam ruangan kosong dengan pemantulan suara ketika berteriak pada dinding tebing!

Apabila kita menjatuhkan benda keras (misalnya batu atau besi) ke lantai, maka timbul bunyi. Jika dapat dipantulkan, bedakan antara pemantulan bunyi di dalam ruangan kosong dengan pemantulan suara ketika berteriak pada dinding tebing!

Jika berteriak pada dinding tebing, maka beberapa saat kemudian akan terdengar suara yang sama persis dengan suara yang diteriakkan. Suara tersebut berasal dari suara yang dipantulkan kembali karena terkena dinding tebin. Bunyi pantul yang terdengar lengkap setelah bunyi asli disebut gema.

Jika berteriak di dalam ruangan kosong, maka akan terdengar suara yang akan mengikuti suara asli, sehingga suara asli tidak terdengar jelas. Suara tersebut berasal dari suara asli yang dipantulkan oleh dinding ruangan. Bunyi pantulan yang hanya terdengar sebagian dan tiba bersamaan dengan suara asli sehingga bunyi asli tidak terdengar jelas disebut gaung atau kerdam.

Materi BAB 9 Indera Pendengaran dan Sistem Sonar Pada Makhluk Hidup Kelas 08 SMP IPA Semester 2, Cetakan ke-1 2014

Komentar