Skip to main content

Contoh Variabel Perilaku Konsumen

Ada tiga variabel dalam perilaku konsumen yaitu variabel stimulus, variabel respons, dan variabel antara. Hal ini sesuai dengan pendapat David L. Loudon dan Albert J. Della Bitta (1984) dalam bukunya Anwar Prabu M (1998: 4-5) yang mengemukakan bahwa: "Three classes of variables are involved in understanding consumer behavior in any of these specific situations: stimulus variables, response variables and intervening variables."

Variabel dalam perilaku konsumen

1. Variabel stimulus

Variabel stimulus merupakan variabel yang berada di luar diri individu (faktor eksternal) yang sangat berpengaruh dalam proses pem belian. Contohnya, mereka dan jenis barang, iklan, pramuniaga, penataan barang dan ruangan toko.

2. Variabel respons

Variabel respons merupakan hasil aktivitas individu sebagai reaksi dari variabel stimulus. Variabel respon sangat bergantung pada faktor individu dan kekuatan stimulus. Contohnya, keputusan membeli barang, pemberi penilaian terhadap barang, perubahan sikap terhadap suatu produk.

3. Variabel intervening

Variabel intervening adalah variabel antara stimulus dan respons. Variabel ini merupakan faktor internal individu, termasuk motif-motif membeli, sikap terhadap suatu peristiwa, dan persepsi terhadap suatu barang. Peranan variabel intervening adalah untuk memodifikasi respons.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2020 beginisob.com, All right reserved