Skip to main content

Menjelaskan pengertian istilah produksi atau operasi

Menjelaskan pengertian istilah produksi atau operasi.

Operasi jasa memberikan produk jasa berwujud dan tak berwujud, seperti hiburan, transportasi, pendidikan, dan persiapan makanan. Perusahaan yang membuat produk berwujud-radio, surat kabar, bus, buku pelajaran-terlibat dalam produksi barang

Karena istilah produksi diasosiasikan hanya dengan pabrikasi, sekarang kita menggunakan istilah operasi untuk merujuk ke baik produksi barang maupun jasa. 

Manajemen operasi (atau produksi) adalah pengarahan dan pengendalian sistematis dari proses yang mengubah sumber daya menjadi jasa dan barang jadi yang menciptakan nilai dan memberikan manfaat ke pelanggan. 

Dalam mengawasi produksi, inventori, dan kendali mutu, manajer operasi (atau produksi) bertanggung jawab memastikan bahwa proses operasi itu menciptakan nilai dan memberikan manfaat.

Dewasa ini, operasi mencerminkan perubahan dalam dua bidang penting. 

  • (1) Pertumbuhan dalam operasi global: Banyak negara bersaing secara global, dan daripada harus mempertahankan produksi massa secara terus menerus, sekarang perusahaan menghadapi perubahan konstan. 
  • (2) Pertumbuhan relatif dalam sektor barang dan jasa: Walaupun pabrikasi masih menghasilkan 19 persen dari semua pekerjaan sektor-pribadi di Amerika Serikat, sejumlah pekerjaan sudah ditangani secara mantap selama empat dasawarsa. Industri jasa sudah bertumbuh lebih cepat sejak tahun 1984. Pekerjaan naik dalam sektor jasa, tetapi pekerjaan tetap stagnan pada produksi barang. Sektor jasa memberikan 52 persen dari pendapatan nasional, dan andilnya dari PDB AS adalah 33 persen lebih besar dari andil sektor produksi barang. (Namun 19 persen dari angkatan kerja AS dalam pabrikasi memproduksi 40 persen dari PDB nasional.)

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved