Skip to main content

Jelaskan perbedaan antara proteksi dan kuota impor!

Proteksi dan kuota impor adalah dua bentuk kebijakan yang berbeda yang digunakan oleh pemerintah untuk melindungi produk dalam negeri dari persaingan impor.

Proteksi adalah kebijakan yang bertujuan untuk melindungi industri dalam negeri dengan memberikan keuntungan pada produk dalam negeri yang dihasilkan, dengan mengenakan bea masuk atau tarif yang tinggi pada produk impor. Hal ini membuat harga produk impor menjadi lebih mahal, sehingga membuat produk dalam negeri menjadi lebih kompetitif di pasar domestik.

Sementara itu, kuota impor adalah kebijakan yang membatasi jumlah impor barang tertentu yang masuk ke dalam negeri. Dalam kebijakan ini, pemerintah menentukan jumlah maksimum barang impor yang dapat masuk ke dalam negeri dalam periode waktu tertentu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi persaingan dari barang impor yang dapat merugikan industri dalam negeri.

Dalam hal ini, proteksi dan kuota impor keduanya digunakan untuk melindungi industri dalam negeri, tetapi dengan cara yang berbeda. Proteksi dilakukan dengan memberikan keuntungan pada produk dalam negeri yang dihasilkan, sedangkan kuota impor dilakukan dengan membatasi jumlah impor barang tertentu yang dapat masuk ke dalam negeri.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved