Skip to main content

Menjabarkan beberapa jenis promosi penjualan dan membedakan antara publisitas dan hubungan masyarakat

Menjabarkan beberapa jenis promosi penjualan dan membedakan antara publisitas dan hubungan masyarakat.

Promosi penjualan merupakan aktivitas promosi jangka pendek yang dirancang untuk merangsang konsumen yang membeli atau merangsang kerja sama dari para anggota dagang. Promosi penjualan meningkatkan kemungkinan bahwa pembeli akan mencoba produk; juga meningkatkan pengakuan produk dan dapat meningkatkan ukuran dan jumlah pembelian.

Berikut ini adalah bentuk yang paling terkenal dari promosi. 

  • (1) Sertifikat yang memberi hak kepada pembawanya untuk mendapatkan potongan harga tertentu disebut kupon. 
  • (2) Untuk merebut perhatian pelanggan ketika berjalan melalui toko, perusahaan menggunakan point-of-purchase (POP). 
  • (3) Sampel gratis dan hadiah merupakan insentif belanja (purchas ing incentives) yang memungkinkan pembeli mencoba produk tanpa risiko. 
  • (4) Hadiah adalah pemberian kepada konsumen sebagai imbalan karena membeli produk tertentu. 
  • (5) Industri mensponsori pameran dagang, di mana perusa-haan menyewa gerai untuk memajang dan men-demosntrasikan produk kepada pelanggan yang memiliki minat khusus. 
  • (6) Pelanggan, distributor, dan perwakilan penjualan semua bisa dibujuk untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan kontes.

Publisitas adalah alat promosi yang mem-berikan informasi tentang perusahaan atau produk untuk disebarkan oleh media masa secara umum. Publisitas gratis, dan karena disajikan dalam format berita, konsumen sering melihatnya sebagai obyektif dan dapat dipercaya. Akan tetapi, tenaga pemasaran sering memiliki sedikit atasnya, dan teamga publisitas bisa bermanfaat tetapi juga bisa merusak. Hubungan masasyarakat (public relations) adalah publisitas yang dipengaruhi perusahaan yang bertujuan untuk membina hubungan baik dengan masyarakat dan untuk menghadapi peristiwa-peristiwa yang tidak menyenangkan.

Comments

Edukasi Terpopuler

Connect With Us

Copyright @ 2023 beginisob.com, All right reserved